BERANDA

Jumat, 25 Agustus 2023

JADWAL RESMI SELEKSI CPNS DAN PPPK

 JADWAL RESMI SELEKSI CPNS DAN PPPK

jadwal pengumuman dan pendaftaran seleksi tersebut berlaku untuk seleksi CPNS dan PPPK tahun 2023 yang ditetapkan panitia seleksi nasional
JADWAL RESMI SELEKSI CPNS DAN PPPK


RAJA SASTRA Jadwal  resmi Seleksi CPNS dan PPPK yang ditetapkan panitia seleksi nasional (Panselnas) berdasarkan surat Menteri PANRB Nomor: B/1871/M.SM.01.00/2023 tanggal 21 Agustus 2023 perihal Penyesuaian Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN Tahun 2023. Nur Hasan mengimbau masyarakat khususnya calon pelamar CASN agar merujuk pada laman resmi pemerintah masing-masing. "Pelamar CASN diminta mencermati betul ketentuan pendaftaran yang diumumkan oleh masing-masing instansi mulai 16 September 2023 sebelum melakukan pendaftaran di portal SSCASN BKN," 

Pendaftaran seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) yang terdiri dari calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) akan dimulai 17 September 2023. Dilansir dari informasi resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), pendaftaran akan berlangsung hingga 6 Oktober mendatang. Adapun pengumuman seleksi akan dilaksanakan oleh masing-masing instansi pada 16-30 September 2023. 

jadwal pengumuman dan pendaftaran seleksi tersebut berlaku untuk seleksi CPNS dan PPPK tahun 2023 yang ditetapkan panitia seleksi nasional (Panselnas) berdasarkan surat Menteri PANRB Nomor: B/1871/M.SM.01.00/2023 tanggal 21 Agustus 2023 perihal Penyesuaian Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN Tahun 2023. Nur Hasan mengimbau masyarakat khususnya calon pelamar CASN agar merujuk pada laman resmi pemerintah masing-masing

 

Jadwal Lengkap Pelaksanaan Seleksi CPNS dan PPK  Tahun 2023 

Jadwal Seleksi CPNS

Pengumuman seleksi: 16-30 September 2023 

Pendaftaran seleksi: 17 September-6 Oktober 2023 

Seleksi administrasi: 17 September-9 Oktober 2023 

Pengumuman hasil seleksi administrasi: 10-13 Oktober 2023 

•       Masa sanggah: 14-16 Oktober 2023 

Jawab sanggah: 14-18 Oktober 2023 

Pengumuman pasca sanggah: 17-23 Oktober 2023 

Penarikan data final: 24-26 Oktober 2023 

Penjadwalan SKD CPNS: 27-30 Oktober 2023 

Pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat SKD CPNS:    31 Oktober-

        3 November 2023 

Pelaksanaan SKD CPNS: 4-13 November 2023 

Pengolahan nilai SKD CPNS: 11-14 November 2023

Pengumuman hasil SKD CPNS: 15-17 November 2023 

Masa sanggah: 18-20 November 2023 

       Jawab sanggah: 18-21 ANovember 2023 

Pengolahan nilai SKD CPNS hasil sanggah: 21-25 November 2023 

Pengumuman pasca sanggah: 22-27 November 2023 

Pelaksanaan SKB CPNS dan CAT: 28 November-17 Desember 2023 

Pemetaan titik lokasi SKB CPNS dengan CAT: 28-30 November 2023 

•      Pemilihan titik lokasi SKB CPNS dengan CAT oleh peserta seleksi: 1-3 Desember 2023

Penarikan data final: 4-5 Desember 2023 

Penjadwalan SKB CPNS dengan CAT: 6-7 Desember 2023

   Pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat SKB CPNS dengan CAT: 8-10   

       Desember 2023 

Pelaksanaan SKB CPNS dengan CAT: 11-17 Desember 2023

Integrasi nilai SKD dan SKB: 18-30 Desember 2023

Pengumuman kelulusan: 31 Desember 2023-7 Januari 2024

Masa sanggah: 8-10 Januari 2024 Jawab sanggah: 8-14 Januari 2024 

Pengolahan nilai seleksi hasil sanggah: 10-15 Januari 2024

Pengumuman kelulusan pasca sanggah: 11-17 Januari 2024

Pengisian DRH NIP CPNS: 18 Januari-16 Februari 2024 

Usul penetapan NIP CPNS: 17 Februari-17 Maret 2024

        BACA AN LAINNYA

      Jadwal Seleksi PPPK 2023 

Pengumuman seleksi: 16-30 September 2023 

Pendaftaran seleksi: 17 September-6 Oktober 2023 

Seleksi administrasi: 17 September-9 Oktober 2023

Pengumuman hasil seleksi administrasi: 10-13 Oktober 2023

Masa sanggah: 14-16 Oktober 2023 Jawab sanggah: 14-18 Oktober 2023 

Pengumuman pasca sanggah: 17-23 Oktober 2023 Penarikan data final: 24-26 

        Oktober  2023 

BACA JUDUL LAINNYA

•      Penjadwalan seleksi kompetensi: 27-30 Oktober 2023 Pengumuman daftar peserta, 

        waktu, dan tempat seleksi kompetensi: 31 Oktober-3 November 2023 

•      Pelaksanaan seleksi kompetensi: 5-29 November 2023

•      Pelaksanaan seleksi kompetensi teknis tambahan: 10 November-1 Desember 2023 

•      Pengolahan hasil nilai seleksi kompetensi: 25 November-4 Desember 2023 

•      Pengumuman kelulusan: 1-10 Desember 2023 

•      Pengisian DRH NI PPPK: 11 Desember 2023-9 Januari 2024

•      Usul penetapan NI PPPK: 10 Januari-8 Februari 2024.


di salin dari berbagai sumber

Kamis, 24 Agustus 2023

13 AROMA YANG COCOK UNTUK MENGUSIR ULAR DI RUMAH

13 AROMA YANG COCOK UNTUK MENGUSIR ULAR
DI RUMAH

13 AROMA YANG COCOK UNTUK MENGUSIR ULAR DI RUMAH

RAJA SASTRA Ular merupakan  binatang yang menakutkan, bisa juga membahayakan, ular. Ular bisa bersarang di mana saja yang dia sukai, bahkan  bersarang di dalam tempat tinggal kita  yang tentu akan  menakuti penghuni sesisi rumah. Ular dapat sewaktu-waktu menyelinap lewat celah-celah terbuka rumah tanpa sepengetahuan penghuninya. Penghuni rumah yang terkejut lantas dapat tanpa sadar membuat ular tidak nyaman sehingga menyerang manusia. Jika sampai tergigit, terutama ular berbisa, efeknya bisa berbahaya bahkan berujung pada kematian. Memastikan rumah dalam keadaan bersih dan rapi dapat mencegah bersarangnya ular. Cara ini sekaligus mengusir hama seperti tikus yang merupakan mangsa reptil tersebut. Untuk mencegah dan mengusir ular masuk ke dalam rumah, ada beberapa bahan/produk yang mengeluarkan aroma menyengat sehingga dibenci ular. Hewan melata ini memang memiliki indra penciuman yang tajam. Namun, kondisi ini juga membuatnya terlalu peka pada benda-benda berbau menyengat. 

Ada 13 Benda dengan bau menyengat akan ampuh digunakan untuk mengusir ular dari dalam rumah yaitu: 

1. Produk kebersihan

ular dapat diusir dari rumah menggunakan produk kebersihan dengan bau yang tajam.  Oleh karena itu rumah itu setiap hari harus dipel dengan wangi-wangian yang menyengat, misal pembersih lantai dari karbol seperti wipol. 

2. Bahan bakar 

Selain produk kebersihan, Amir menyebutkan, bensin dan minyak tanah juga dapat digunakan untuk mengusir ular. Ini karena kedua bahan bakar tersebut juga mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai ular. Sebagai alternatif lainnya, parfum sintesis berbau tajam juga cocok untuk mengusir ular. 

3. Kayu manis dan cengkeh  

Kayu manis dan cengkeh yang beraroma wangi untuk masakan dapat digunakan untuk melawan ular. Caranya gunakan minyak dari kayu manis dan cengkeh untuk semprotan pengusir hama. Cara terbaik untuk menerapkannya dengan menyemprotkan langsung ke tubuh reptil tersebut dengan hati-hati. Baca juga. 

4. Cuka Selain itu

Cuka dapat digunakan untuk mengusir ular karena aroma khasnya yang menyengat. Aroma ini berasal dari zat asam yang dikandungnya. Untuk mengusir hewan tersebut, tuangkan cuka ke tanah atau permukaan yang sering dilewatinya. Ular yang sensitif terhadap bau menyengat tidak akan mau merayap di atas permukaan tersebut. 

5. Jeruk 

Buah citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan sebagainya mengeluarkan aroma segar bagi manusia. Namun, buah ini justru tidak disukai ular berkat aroma asam dari senyawa limonene yang dikeluarkan. Gunakan kulit jeruk untuk mencegah serangan serangga, hewan pengerat, dan ular. Caranya, ambil potongan kulit buah dan gosokkan ke area yang kemungkinan dilewati hama. 

6. Pepermin 

Daun pepermin mengeluarkan aroma menyengat dalam bentuk minyak atsiri. Tumbuhan ini bagi manusia digunakan sebagai minyak esensial untuk aromaterapi. Namun, bagi ular dan serangga, pepermin berbau menyengat dan tidak enak. Untuk menggunakan minyak ini, uapkan menggunakan mesin diffuser sehingga aromanya tersebar ke sekeliling rumah. Cara lain yang dapat dilakukan adalah menjadikannya semprotan pengusir hama. 

7. Kapur barus 

Kapur barus mengeluarkan aroma menyengat dari zat kimia bernama naphthalene. Aroma ini mengganggu sekaligus berbahaya bagi kesehatan hewan yang menciumnya. Untuk mengusir hewan pengganggu, taruh kabur barus dalam lemari atau sudut-sudut rumah. Cara ini sekaligus menghilangkan kelembaban pada suatu area yang disukai ham

8. Bawang 

Bawang putih dan merah mengeluarkan aroma tajam yang mengganggu indra penciuman ular. Aroma ini muncul dari senyawa bernama allicin. Senyawa ini biasanya juga digunakan sebagai insektisida alami. Aroma bawang akan semakin keluar saat bawang tersebut dalam keadaan terpotong. Karena itu, untuk mengusir hama yang mengganggu rumah, letakkan bawang di sudut-sudut rumah terutama yang tersembunyi. 

9. Asap 

Bau asap dari bakaran kayu atau perapian dapat membantu mengusir ular yang akan masuk ke rumah. Asap mengeluarkan aroma tajam yang ampuh menjauhkan ular. Gunakan juga asap dari api unggun untuk menghindari ular saat berkemah. 

10. Kemangi  

Ular tidak menyukai bau daun kemangi. Daun yang biasanya digunakan untuk bumbu masakan ini juga dapat mengusir serangga seperti lalat dan nyamuk. menanam kemangi di dalam rumah atau halaman dapat menjadi salah satu cara mengusir ular. Cara lainnya, gunakan semprotan minyak esensial beraroma kemangi di celah terbuka atau bagian rumah yang berpotensi menjadi sarang ular 

11. Serai 

Semua jenis serai mengelaurkan aroma menyengat yang dapat mengusir serangga seperti nyamuk serta ular. Untuk menggunakannya, tanam serai di halaman rumah atau bakar seperti lilin sehingga aromanya keluar. 

BACA JUDUL LAIN:

12. Amonia 

Amonia merupakan bahan kimia beraroma kuat yang dibenci ular. Gunakan zat kimia ini untuk semprotan sekitar rumah. Amonia juga dapat membunuh ular yang merayap di atas permukaan yang terkena zat ini. 

13. Marigold

Bunga marigold melepaskan senyawa alpha-terthienyl yang mengganggu ular. Bunga marigold Tagetes tenuifolia juga memiliki aroma yang sangat cocok untuk mengusir ular. Untuk mengusirnya, tanam bunga marigold di sekitar pintu masuk rumah atau halaman. 


Disunting dari berbagai Sumber

Jumat, 18 Agustus 2023

LANDASAN PSIKOLOGIS PENDIDIKAN

LANDASAN PSIKOLOGIS PENDIDIKAN
LANDASAN PSIKOLOGIS PENDIDIKAN


LANDASAN PSIKOLOGIS PENDIDIKAN

RAJA SASTRA


A.Pengertian Landasan psikologis pendidikan adalah kajian tentang dasar-dasar psikologis yang dapat menjadi landasan teori maupun praktek pendidikan.

B.Situasi Pergaulan Pendidikan Pergaulan tidak selalu dalam bentuk face to face (tatap muka) seperti dalam keluarga ataupun dalam sekolah, melainkan dapat terjadi dengan mempergunakan surat menyurat, telepon, radio, televisi, dan cybernetic (internet). Tidak setiap pergaulan mempunyai sifat pendidikan, sebagai contoh menyuruh anak membeli rokok atau minuman keras. Pergaulan pendidikan adalah hubungan antara dua pihak yang mempunyai maksud yang disengaja untuk mempengaruhi anak didik, sehingga anak didik tersebut berkembang menuju ke kedewasaan.Pemahaman terhadap potensi anak didik, merupakan konsekuensi logis bahwa pendidik/guru harus memahami secara teoritis dan filosofis terhadap tugas-tugas perkembangan anak dan aspek-aspek psikologis lainnya dalam rangka tugas mendidik. Tugas mendidik, ternyata membutuhkan banyak pendekatan baik yang bersifat ilmiah, filsafah, dan religi. Pendekatan ilmiah yang digunakan antara lain adalah pendekatan psikologis, karena dalam mendidik memiliki tugas mengembangkan potensi yang dimiliki anak, dan memahami perilaku dan motivasinya dalam rangka tujuan pendidikan. Pemahaman terhadap potensi dan perkembangan psikologis anak didik, ditujukan agar dalam memberikan bantuan perkembangan terhadap anak didik bisa secara tepat, baik kebutuhannya maupun pendekatannya.

C.Beberapa Dimensi Proses Pendidikan mempunyai dimensi tujuan untuk memperbaiki perilaku (behavior modification, behavior improvement), (chalanger). Proses pendidikan dapat berlangsung dalam berbagai jenis dimensi perilaku, dan menyangkut aspek kognitif yang sebagian besar dilakukan di sekolah, sedangkan afektif dan religius, dan kepribadian yang utuh dan kata hati, lebih banyak dilakukan di keluarga. Adapun keterampilan, yang lebih banyak melibatkan aspek fisik, baik keterampilan tangan, kaki, tubuh, dan gabungan dari seluruh koordinasi tubuh.

D.Tugas-Tugas Pokok Perkembangan Perkembangan Pendidikan terdiri atas pelaksanaan tugas-tugas perkembangan potensi pada anak (developmental tasks). Menurut Robert Havighurst, tugas perkembangan ialah tugas yang terdapat pada suatu tahap kehidupan seseorang, yang akan membawa individu kepada kebahagiaan dan keberhasilan dalam tugas-tugas pengembangan berikutnya, yaitu apabila tahap kehidupan tersebut dijalani dengan berhasil. Sedangkan kegagalan dalam melaksanakan tugas pengembangan, akan mengakibatkan
kehidupan tidak bahagia pada individu, dan kesukaran-kesukaran lain dalam hidupnya kelak. Tahap-tahap pengembangan menurut Erickson, yang diadopsi oleh Sikun Pribadi (1984; 156-159) adalah sebagai berikut:

  1. The sense of trust (kemampuan mempercayai), kira-kira umur 0-12 bln.
  2. The sense of authonomy (kemampuan berdiri sendiri) kira-kira umur 1,5-3 tahun.
  3. The sense of initiative (kemampuan berprakarsa) kira-kira umur 3,5 - 5,5 thn.
  4. The sense of accomplishment (kemampuan menyelesaikan tugas), kira-kira umur 6-12 tahun.
  5. The sense of identity (kemampuan meyakini identitasnya) kira-kira umur 12 18 tahun.
  6. Tahap kedewasaan; ada tiga tahap periode ini yang dimulai dari tahap keakraban (intimacy), kemampuan mengurus (generativity), dan tahap keutuhan kepribadian (integrity).

E.Pemahaman terhadap Perkembangan Pribadi  tidak hanya dengan observasi dan eksperimen, tetapi juga dapat dilakukan dengan introspeksi dan empati, yaitu kemampuan dapat menempatkan diri dalam pribadi anak, sehingga dunia kejiwaan anak bukan saja dapat dipahami, melainkan dapat diarifi (verstehen). Pemahaman dunia anak, bukan hanya sebagai makhluk biologis, melainkan sebagai makhluk psikis dan spiritual.

Sebagai makhluk biologis, anak dapat dikenali dari segi kehidupan instinktifnya (misalnya; insting mempertahankan diri, insting sex, berkelahi, lari, berasosiasi dengan orang lain, dsb.). Sedangkan dari aspek psikisnya, anak dapat dikenali dari berbagai dimensi kehidupan kejiwaannya, seperti motivasinya, emosinya, kognisinya, serta kehi- dupan psikho-motoriknya. Pemahaman terhadap dunia anak, adalah dalam rangka upaya mengembangkan potensi anak agar memahami kemampuan dirinya, serta mencapai kedewasaan. Secara umum, perkembangan kehidupan anak dapat dibagi ke dalam periodisasi senagai berikut: 

  1. Anak Bayi (0 1 tahun), disebut juga dengan periode vital (vita = hidup).
  2. Periode Kanak-kanak (umur 3-5 tahun), yaitu usia pra sekolah sebagai periode peralihan dari masa bayi ke usia anak sekolah. Dikemukakan oleh J.J. Rousseau dari Perancis, yang menyatakan bahwa masa kanak- adalah masa bahagia sebagai hak setiap anak dalam suasana kebebasan dan kegembiraan hidup.
  3. Anak Sekolah (6-12 tahun). Periode ini oleh Kohnstamm disebut periode "intelektual", karena sebagian besar waktu dipergunakan untuk pengembangan kemampuan intelektualnya. 
  4.  Masa remaja, pubertas, dan adolensensi (12 - 18 tahun). Kohnstamm menyebut periode ini dengan periode sosial, karena dalam masa ini anak mempunyai minat terhadap hal-hal kemasyarakatan, dan senang hidup dalam ikatan organisasi atau berbagai klub olah raga atau klub-klub lainnya.

F.Beberapa Teori Belajar dalam Pendidikan Pemahaman terhadap teori-teori belajar dari sudut pendekatan psikologis, merupakan upaya mengenali realitas kondisi obyektif terhadap anak yang sedang menga- lami proses belajar dalam rangka proses pertumbuhan dan perkembangan menuju kedewasaannya. Pendekatan dari suatu teori tertentu bukanlah merupakan kebenaran yang diyakini sebagai satu-satunya pendekatan, tetapi merupakan asumsi yang perlu dipertimbangkan dalam pelaksanaannya, berkaitan dengan berbagai aspek dan efek yang mungkin akan menimbulkan dampak tertentu. Masalah-masalah yang perlu dipertimbangkan adalah berkaitan dengan aspek-aspek berikut: hakikat manusianya, tujuan pendidikan, isi pendidikan, dan nilai-nilai serta metode pencapaian tujuan pendidikannya. teori-teori yang berkembang dewasa ini yang memiliki pengaruh terhadap perkembangan dunia pendidikan di Indonesia pada khususnya.

Untuk lebih lengkapnya silahkan download file DISINI.

Kamis, 17 Agustus 2023

IMPLEMENTING CREATIVITY-BASED LEARNING IN JUNIOR HIGH SCHOOL SCIENCE CLASSES IS IMPORTANT

IMPLEMENTING CREATIVITY-BASED LEARNING IN JUNIOR HIGH SCHOOL SCIENCE CLASSES IS IMPORTANT
IMPLEMENTING CREATIVITY-BASED LEARNING IN JUNIOR HIGH SCHOOL SCIENCE CLASSES IS IMPORTANT


 IMPLEMENTING CREATIVITY-BASED LEARNING IN JUNIOR HIGH SCHOOL SCIENCE CLASSES IS IMPORTANT

RAJA SASTRA - Imagination is more important than knowledge. Because knowledge is limited, while imagination covers the whole world." -Albert Einstein. Creativity-based learning provides opportunities for students to explore knowledge more creatively and imaginatively, develop critical and problem-solving thinking skills, and increase their interest and enthusiasm for science subjects. This can help students acquire the skills needed to succeed in the academic and pro-professional worlds of the future. We need to implement creativity-based learning in science lessons in junior high school because it is very important to improve students' creative and critical thinking skills, develop their interest and passion for science, and help prepare them for future success both academically and professionally.

Creativity-based learning in science learning in junior high schools can increase students' interest in science. During creativity-based lessons, students are encouraged to explore scientific concepts through hands-on activities, experiments, and creative projects. They have the opportunity to express their ideas, think critically, and solve problems in innovative ways. This approach arouses students' curiosity and engagement, as they can link theoretical knowledge with real-world applications. In a particular study, students who took part in creativity-based learning showed a higher interest in science compared to students who took
 
conventional learning. The use of interactive science experiments in learning has great potential in increasing students' understanding and interest in science. According to research conducted by Ahmad and Alamin (2019), interactive science experiments have proven effective in presenting fun and interesting learning experiences in students. The application of interactive science experiments can improve students' critical thinking skills, develop their interest and passion for science, and increase student motivation and participation in learning. According to Suyatno (2018). By using the STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) approach. The implementation of the STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) approach can assist students in developing critical, creative, and problem-solving thinking skills. This approach is not only impactful in solving problems in science and technology, but also has the potential to become a valuable skill in students' everyday lives, where they are able to deal with complex problems and make intelligent decisions based on analytical and creative thinking. Creativity-based learning in junior high school science classes not only enhances students' knowledge of science, but also encourages collaborative learning and teamwork among students.

The application of creativity-based learning in junior high school science classes is important to improve students' critical, creative, and collaborative thinking skills. Research conducted by Döş (2016) found that when students engage in project-based learning that involves collaboration and cooperation, they experience increased critical, creative, and collaborative thinking skills. This research indicates that when students work in teams on learning projects, they learn to interact, share ideas, and work together to achieve common goals. In this process, they also develop collaborative skills, such as effective communication, joint problem-solving, and teamwork. In the research students were assigned complex projects, encouraged to work in teams, and tasked with problem identification, information gathering, solution planning, and presenting their work to the class. Throughout this process, they were actively encouraged to think critically, creatively, and develop problem-solving
skills.

Research conducted by Attarzadeh and Salimi (2015) showed the importance of creativity-based learning in increasing cooperation and collaboration between students, as well as helping to develop their social skills. The research involved junior high school students in Saudi Arabia who were divided into two groups, namely individual study groups and collaborative study groups. The results showed that students who studied collaboratively had better problem-solving skills and creativity than students who studied individually. Thus, creativity-based learning in science classes at junior high schools not only enhances students' critical, creative, and collaborative thinking skills, but various studies have also demonstrated that collaborative learning positively impacts students' problem-solving abilities and creativity. Moreover, there are counter-arguments stating that creativity-based learning is considered less effective because it focuses excessively on abstract ideas and concepts.

Some argue that creativity-based learning in junior high school science lessons may not be effective because of the emphasis on abstract ideas and concepts. Some people think this way because they think that abstract concepts in science lessons are difficult for students with weak academic abilities to understand. They think that creativity-based learning will only complicate the material and make students more confused. In addition, they also argue that conventional learning methods that focus more on explanations and demonstrations are more easily understood by students with weak academic abilities. (Wulandari and colleagues, 2019). Keep in mind that every student has a different way of learning. Although some students may have difficulty understanding abstract concepts, there are many ways to creatively teach science concepts that can help students understand the material better. One method is pictures, diagrams, or models to help students visualize these abstract concepts. In addition, creativity-based learning can also motivate students who are less interested in science lessons with attractive presentations and interactive materials. Therefore, creativity- based learning in junior high school science lessons remains an effective way to increase students' understanding of science material. Although some people argue that creativity-based learning in junior high school science classes is less effective for students, in reality, creativity-based learning in junior high school science classes is effective and able to improve students' ability to think, as well as encourage collaborative learning among students. (Asmawati, 2015).

The complete download the Word file HERE

Selasa, 15 Agustus 2023

6 MANFAAT DAN 5 BAHAYA MINUM TEH

 6 MANFAAT DAN  5 BAHAYA MINUM TEH

6 MANFAAT DAN  5 BAHAYA MINUM TEH


RAJA SASTRA - Teh meupakan salasatu minuman yang banyak di konsumsi sehari hari. Setiap pertemuan  dalam  aktivitas sehari hari teh selalu ada disajikan saat bekerja, saat makan maupun saat santai. .oleh karena itu teh begitu popular di seluruh dunia. Banyak manfaat mengkonsumsi teh kalau dikonsumsi dalam jumlah yang sedang, tapi kalau dikonsumsi berlebihan mengakibatkan efek samping yang membahayakan tubuh. Teh dapat memengaruhi penyerapan nutrisi tertentu oleh tubuh yang dapat menyebabkan efek samping seperti kegelisahan dan masalah tidur. 


6 Manfaat Minum Teh

1. Membantu Kinerja Jantung

Teh diketahui mengandung senyawa alami yaitu flavonoid. Kandungan ini dibuktikan oleh

berbagai penelitian dapat mencegah terjadinya penumpukan kolesterol, lemak, dan zat lainnya

di pembuluh darah yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Selain itu, penelitian lain juga menemukan fakta bahwa orang yang minum tiga cangkir teh atau lebih per hari berisiko lebih rendah terkena penyakit jantung.

2. Mengurangi Kadar Kolesterol

Beberapa studi menemukan bahwa kandungan flavonoid di dalam teh bisa membantu

mengurangi dan menjaga kadar kolesterol agar tidak tinggi yang bisa diakibatkan oleh gaya

hidup tidak sehat seperti mengonsumsi makanan tinggi lemak, makan makanan cepat saji, tidak

berolahraga, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol. Efek ini sangat baik untuk mencegah

penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

3. Mencegah Hipertensi

Mengonsumsi teh secara rutin dipercaya bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi hingga

sekitar 46%. Kandungan flavonoid yang ada pada teh dipercaya dapat meningkatkan kesehatan

pembuluh darah.

4. Membantu Jaga Berat Badan

Teh juga bisa membantu pola diet Anda, karena bisa membantu menurunkan berat badan

dengan bantuan teh yang dikonsumsi tanpa tambahan rasa atau pemanis berkalori lainnya.

Namun, usaha minum teh setiap hari ini juga harus diimbangi dengan menjaga asupan

makanan yang cukup dan bernutrisi lengkap,serta olahraga teratur. Mengonsumsi teh sebelum

Anda berolahraga dapat membuat proses pembakaran lemak di dalam tubuh jadi lebih

maksimal. Namun, usahakan untuk memilih teh tanpa gula atau segala jenis pemanis

tambahan.

5. Menjaga Saluran Pencernaan

Manfaat teh selanjutnya adalah menjaga saluran pencernaan. Kandungan yang terdapat di

dalam teh dapat meningkatkan produksi bakteri baik dan mencegah perkembangan bakteri

yang dapat mengganggu pencernaan.

Meminum teh hangat di pagi hari bisa menjaga saluran pencernaan selama satu hari. Hal ini

tentu akan membantu Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

6. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan bisa terjadi di dalam dan di luar tubuh. Penuaan di dalam tubuh bisa terjadi karena

disebabkan oleh radikal bebas dan enzim tertentu.

Kandungan flavonoid yang kaya di dalam teh bisa melindungi tubuh dari penuaan dari dalam

dan luar. Banyak penelitian yang menemukan bukti,bahwa manfaat teh bisa membantu

menekan kerusakan jaringan serat yang membantu kulit tetap kencang dan awet muda.

Itulah beberapa manfaat teh untuk kesehatan tubuh sehingga ada baiknya jika Anda mulai rutin

mengonsumsi teh. Untuk mendapatkan manfaat teh, Anda bisa minum 3 cangkir SariWangi

100% Teh Asli tanpa gula secara rutin yang dapat meningkatkan kesehatan dan melindungi

Anda dari berbagai resiko penyakit berbahaya seperti kolesterol, hipertensi dan serangan

jantung.

5 Bahaya Terlalu Banyak Minum 


Teh memang banyak manfaatnya tapi kalau terlalu banyak minum the menimbulkan dampak sebagai berikut:

1. Teh mengurangi Penyerapan Zat Besi

Di antara efek samping teh yang paling banyak dibahas, efek terhadap zat besi adalah yang paling menonjol. Sesuai dengan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Research International, teh kaya akan senyawa yang disebut tanin yang berikatan dengan zat besi non-heme yang memengaruhi penyerapan zat besi dalam saluran pencernaan Anda. Beberapa makanan yang kaya akan zat besi ini adalah bayam dan kacang-kacangan. Saat tubuh kekurangan zat besi, maka ini dapat menyebabkan anemia yang merupakan masalah serius. 

2. Memengaruhi Tidur 

Teh secara alami mengandung kafein, sehingga mengonsumsinya secara berlebihan dapat mengganggu siklus tidur-bangun Anda. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat menghambat produksi melatonin, yang mengakibatkan kualitas tidur yang buruk. Melatonin adalah hormon yang memberi sinyal pada otak Anda untuk tidur. Tidur yang tidak memadai terkait dengan berbagai masalah kesehatan, baik mental atau fisik. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mengonsumsi lebih dari 2-3 cangkir teh sehari. Baca juga: 7 Bahan Alami yang Bisa Ditambahkan ke Dalam Secangkir Teh agar Lebih Menyehatkan 

3. Refluks Asam Lambung 

Berbagai penelitian menunjukkan, kafein dapat meningkatkan produksi asam dalam perut yang dapat menyebabkan refluks asam dan mulas. Teh adalah salah satu minuman yang mengandung kafein Kafein juga dapat mengendurkan sfingter yang memisahkan kerongkongan dan lambung. Apabila sfingter kendur, maka memungkinkan zat asam isi lambung lebih mudah mengalir kembali ke kerongkongan. 

4. Berisiko Bagi Wanita Hamil 

Kadar kafein yang tinggi dapat meningkatkan komplikasi selama kehamilan yang dapat berakibat fatal. Mulai dari keguguran hingga berat badan lahir rendah. Namun, masih diperlukan lebih banyak studi dan penelitian mengenai hal ini. Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa risiko komplikasi relatif rendah jika Anda menjaga asupan kafein harian Anda di bawah 200-300 mg. Baca juga: Penemuan Sisa Seduhan Teh Tertua di Dunia Berusia 2.400 Tahun, Berada di Sebuah Makam Ratu 

DI SINI


5. Mual 

Dikutip dari Healthline, tanin dalam dalam teh dapat menyebabkan mual, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dan saat perut kosong. Hal itu karena tanin dapat mengiritasi jaringan pencernaan dan berpotensi menimbulkan gejala tidak nyaman seperti mual atau sakit perut. Untuk mengatasinya, Anda bisa menambahkan sedikit susu atau pun menyantap beberapa makanan lain terlebih dahulu sebelum minum teh

KLIK RAJA SASTRA DI SINI

Senin, 14 Agustus 2023

SEKOLAH PENDIDIKAN GURU (SPG) DALAM KENANGAN

SEKOLAH PENDIDIKAN GURU (SPG) 

DALAM KENANGAN

SEKOLAH PENDIDIKAN GURU (SPG) DALAM KENANGAN

Sekolah Pendidikan Guru (SPG) kini, tinggal kenangan, dengan segala kebaikannya, tidak bertahan dan dibubarkan di era 90-an. Pada waktu itu banyak masyarakat yang kecewa, mereka menganggap SPG , sekolahyang sangat bagus dalam mendidik putra-putri bangsa. Di  pihak lain pemerintah menganggap  bahwa mutu lulusan SPG harus ditingkatkan dengan cara melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Akibatnya lulusan SPG harus melanjutkan kuliah yang tentu saja tidak terpikirkan selanjutnya, apalagi bagi mereka yang sudah lama diangkat jadi Guru.

Sekolah Pendidikan Guru (SPG) ,  sekolah ini dulunya dianggap sekolah favorit, hanya orang orang pilihan yang masuk sekolah ini, yangmenjadikan sulit menembus sekolah ini karena dalam materi seleksi masuk sekolah ini ada tes kepribadian, tes kemampuan,  bakat dan minat. Jadi  yang dapat masuk di SPG sudah pasti anak-anak yang punya kepribadian serta memiliki bakat dan minat sebagai seorang guru. Biaya masuk sekolah SPG sangat rendah dan sangat terjangkau dari golongan ekonomi lemah, dan yang diterima  pun kebanyakan dari masyarakat kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Lulusan Sekolah Pendidikan Guru (SPG) dalam kemampuan praktis tentang pelaksanaan pembelajaran dan pengelolaan siswa nampaknya lebih bisa diandalkan dibanding tingkat SLTA yang melanjutkan empat tahun ke Perguruan tinggi, walaupun tentu saja kemampuan kognitif dan pengetahuan dan pengetahuan dari perguruan tinggi tentu saja lebih unggul

Sekadar pengingat saja, mata pelajaran yang diberikan di SPG itu sangat dekat dengan pengelolaan pembelajaran. beberapa di antaranya adalah Psikologi Khusus dan Umum, Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial, Psikologi Anak, Didaktik dan Metodik, dan lain-lain. Banyak sekali mata pelajaran yang berhubungan dengan psikologi dan itu semua dipahami oleh siswa SPG saat itu. Berbagai teori pembelajaran sangat mudah mereka hafalkan dan terapkan dalam pembelajaran. sangat berbeda ketika guru hanya menempuh pendidikan tinggi. mata kuliah psikologi hanya sedikit. Yang banyak adalah mata kulisah tentang teori keilmuan atau materi pelajaran sustantif.

Masih tersimpan dalam ingatan penulis, mulai dari awal kelas 2 SPG, sudah mulai merasakan menjadi Guru, setidaknya jadi calon guru, penanaman disiplin sebagai calon guru, seringnya praktek di sekolah betul-betul memberikan kesan dan mulai mencintai anak SD, hal itu terus tumbuh, sehingga begitu lulus Sekolah Pendidikan Guru (SPG), sudah matang dan siap menjadi guru.

Sekolah Pendidikan Guru (SPG) di tahun 1982 dan sebelumnya, merasakan begitu mudahnya diangkat menjadi Guru SD, tak perlu menunggu lama, sehingga dalamusia muda sekitar 20- 21 tahun sudah mengabdi jadi guru sebagai PNS, dengan semangat yang tinggi di usia muda betul betul dapat diandalkan sebagai pendidik yang handal, tapi sesuai dengan perkembangan jaman pemerintah mengeluarkan peraturan agar guru Tamat Pendidikan S1, tentu saja peraturan tersebut harus ditaati. Guru yang lulusan SPG secara masal melanjutkan kuliah untuk meraih gelar Sarjana.

Sekolah Pendidikan Guru (SPG) kini tinggal kenangan,  SPG yang berdiri dimana-mana menutup sekolahnya. Kab. Tasikmalaya saja pada tahun 1980-an terkenal gudangnya Sekolah Pendidikan Guru SPG pada waktu itu SPG yang ada di Kab. Tasikmalaya:

1.     SPG Negeri 

2. SPG Perwari

3. SPG PGRI

4. SPG Muhamadiah

5. SPG Yayasan Islam

6. SPG Pasundan

Lulusanya tersebar diseluruh Jawa Barat mengabdi di SD yang ada di Jawa Barat, bahkan ada yang sampai keluar pulau Jawa. Bahkan Angkatan-angkatan terlebih dulu, mereka terkenal sebagai guru Inpres, bersamaan dengan dibangunya SD-SD inpres Era Pak Harto, yang konon katanya kualitas bangunannya dikonotasikan dianggap rendah. LIHAT JUDUL "KUALITAS SD INPRES VS  BANGUNAN YANG MANGKRAK klik di sini

Guru-guru yang mengalami Pendidikan di SPG, mungkin tinggal beberapa puluh orang, karena kebanyakan telah Purna tugas sejalan dengan usia yang telah mencapai usia pensiun. Sekolah Pendidikan Guru (SPG) tinggal kenangan, Bersama kekurangan dan kelebihanya disbanding dengan sekolah atau perguruan tinggi yang mencetak guru.

Selamat tinggal Sekolah Pendidikan Guru (SPG), semoga jasa-jasa para guru SPG menjadikan amal pengabdian yang ditaburi karunia dan rahmat Allah.

Aaaamiiiin!

             download disini




3 FAKTOR YANG MENGUNDANG ULAR MASUK HALAMAN DAN CARA MENCEGAHNYA

3 FAKTOR YANG MENGUNDANG ULAR MASUK HALAMAN DAN CARA MENCEGAHNYA 



BEBERAPA JENIS ULAR BERBISA

Ular, merupakan jenis hewan melata, yang cukup ditakuti dan berbahaya, malah dalam jenis-jenis tertentu bisa ular dapat mematikan manusia. Ular dapat ditemui di berbagai tempat. Ular dapat menyelinap ke halaman rumah malah bisa sampai masuk ke rumah mencari tempat berlindung. Hewan melata seperti ular ini bisa memanfaatkan tumpukan barang, celah bebatuan, maupun semak-semak sebagai lokasi persembunyiannya. Keberadaan tikus yang berkeliaran di halaman atau di dalam rumah dapatmengundang datangnya ular, karena tikus merupakan salah satu mangsa ular. Bila di suatu tempat banyak tikus, maka potensi ini untuk mengundang ular datang ke rumah semakin tinggi.  


3 Faktor yang Menyebabkan Ular Masuk Halaman atau Rumah

Ada beberapa  faktor  yang menyebabkan ular masuk halaman atau masuk rumah, Faktor tersebut adalah aroma-aroma tertentu yang menarik perhatian ular. 

Perlu diketahui  aroma yang mendundang ular adalah sebagai berikut 

  1. Feromon Dilansir dari Best Life, ular dapat masuk halaman karena mereka mencium feromon atau zat tertentu yang dilepaskan oleh hewan yang spesiesnya sama. Menurut ahli ular A.H David, feromon dapat menunjukkan beberapa hal seperti tanda siap untuk menemukan pasangan. Bila ular jantan mencium aroma tersebut di halaman pada musim kawin maka mereka akan datang untuk mencari ular betina. 
  2. Hewan amfibi dan ikan Tidak hanya tikus, ular juga tertarik dengan keberadaan hewan amfibi maupun ikan di halaman. Perlu diingat bahwa ular adalah hewan karnivora yang mengincar mangsa dengan cara mencium aroma atau gerakan tertentu dari buruannya. "Untuk ular yang hidup di air atau semiakuatik seperti ular air atau beberapa jenis ular garter, bau amfibi seperti katak atau kodok, dan juga ikan, bisa menjadi daya tarik," jelas David. Selain tertarik dengan kedua hal tersebut, ular juga menyukai air. Sehingga, bila tidak ingin ular masuk halaman, singkirkan juga air dari pekarangan.  
  3. Kotoran atau sarang burung David menerangkan bahwa pada dasarnya ular bisa mencium lingkungan di sekitarnya melalui proses chemoreception. Namun, ular tidak dapat mencium aroma seperti manusia dengan hidung. Mereka mencium menggunakan organ khusus yang disebut vomeronasal. -ADVERTISEMENT Organ ini terhubung ke mulut mereka dan ketika mereka menjulurkan lidah, mereka mengumpulkan partikel dari udara yang kemudian diproses melalui organ ini, Karena ular memiliki kemampuan tersebut, mereka bisa mengincar burung sebagai mangsa. Keberadaan burung di halaman bisa dideteksi ular melalui kotoran maupun sarangnya. Ular akan mengikuti aroma mangsanya. Mereka juga akan menetap di tempat-tempat yang memiliki bau seperti yang ditinggalkan oleh mangsanya. Baca juga David mengatakan, ular tertarik dengan keberadaan tikus karena hewan ini merupakan salah satu mangsanya. Ular bisa masuk halaman karena mereka mendeteksi keberadaan hewan pengerat di pekarangan. "Aroma hewan pengerat seperti tikus atau hamster dapat menarik banyak spesies ular, terutama spesies yang lebih besar seperti ular piton, ular boa, dan berbagai jenis ular tikus," kata David. Ular juga bisa mencium kotoran atau air seni dari hewan pengerat walau mangsa mereka sudah tidak ada. 

BACA JUDUL LAIN:

Cara Mencegah Ular Masuk Halaman:

Penghuni rumah tentu tidak ingin bertemu dengan ular  di halaman rumahnya ketika sedang keluar rumah atau membersihkan pekarangan. Agar hal tersebut tidak terjadi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan supaya ular tidak masuk halaman. 

Berikut cara mencegah ular masuk halaman, 

  1. Menjaga halaman tetap bersih dan kering Memotong rumpu secara teratur 
  2. Menghilangkan wadah makan atau tempat mandi burung 
  3. Menutup dinding yang retak atau bolong 
  4. Jauhkan selang dari halaman Rawat tanaman dan tumbuhan.   

KLIK RAJA SASTRA DI SINI

Featured Post

HABIB ALI ALHABSYI DENGAN KAROMAHNYA

KHARAMAH HABIB ALHABSYI:  BISA DENGAR SUARA TASBIH DAN BENDA MATI HABIB ALI ALHABSYI DENGAN KAROMAHNYA Habib Ali Alhabsyi nama lengkapnya H...