BERANDA

Jumat, 16 Juni 2023

LULUS PPG DENGAN BERLATIH MENGIKUTI BIMBINGAN SOAL (BAGIAN 1)

LATIHAN SOAL PPG DAN KUNCI JAWABAN

LULUS PPG DENGAN BERLATIH MENGIKUTI BIMBINGAN SOAL (BAGIAN 1)

Latihan Soal Pretest PPG 2023 dan Kunci Jawaban - Latihan soal ujian PPG guru merupakan salah satu langkah penting yang harus dilakukan oleh para guru agar dapat lulus dalam ujian tersebut. Ujian ini merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikat pendidik profesional, yang diakui oleh pemerintah sebagai bukti kemampuan dan kompetensi seorang guru. Oleh karena itu, tidak salah jika para guru mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujian PPG guru 2023 ini. Namun, bagaimana cara yang tepat untuk melakukan latihan soal ujian PPG guru tersebut? Apakah hanya dengan mempelajari materi saja, atau ada cara lain yang lebih efektif? Berikut kami akan membahas mengenai Latihan Soal Pretest PPG 2023 dan Kunci Jawaban:

1. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.

Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....

A. kemampuan kognitif

B. kemampuan interaksional

C. kemampuan integrasi diri

D. kemampuan komunikatif

JAWABAN: A


2. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif              adalah….

A. kemampuan berkomunikasi

B. Kemampuan untuk memecahkan masalah

C. kemampuan berinteraksi

D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri

JAWABAN:  B


3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika      tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit                merupakan       ciri-ciri kemampuan anak berusia

A. 0 - 2 tahun

B. 2 -- 7 tahun

C. 7 -- 11/12 tahun

D. 11/12/ -- 14/15 tahun

JAWABAN:  C


4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan

A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)

B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)

C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris

D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)

JAWABAN: D


5. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….

A. Kognitif

B. Sosial

C. Emosional

D. moral

JAWABAN: C


6. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.

Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan

A. sosial-emosional

B. kognitif

C. moral

D. spritual

JAWABAN: A


7. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.

Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...

A. penalaran pascakonvensional

B. penalaran konvensional

C. penalaran prakonvensional

D. penalaran interkonvensional

JAWABAN: A


8. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral

A. Prakonvensional

B. Konvensional

C. Pascakonvensional

D. Interkonvensional

JAWABAN: C


9. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….

A. mengemukakan gagasan

B. mengaktualisasikan diri

C. penciptaan hubungan yang baik

D. menformulasikan tindakan

JAWABAN: C


10. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.

Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....

A. intelegensi dan kognitif

B. budaya dan pembiasaan

C. keluarga dan lingkungan masyarakat

D. emosional dan kepribadian

JAWABAN: C


11. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....

A. kesulitan akademis

B. gangguan simbolik

C. gangguan nonsimbolik

D. gangguan sosial

JAWABAN: B


12. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....

A. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya

B. Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya

C. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar

D. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu

JAWABAN: C


13. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…

A. Behaviorisme

B. Humanistik

C. Sibernetik

D. Kontruktivisme

JAWABAN: A


14. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….

A. Sibernetik

B. Humannistik

C. Behaviorisme

D. Konstruktivisme

JAWABAN: D

15. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….

A. Humanistik

B. Konstruktivisme

C. kognitivisme

D. Nativisme

JAWABAN: A


16. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….

A. Sibernetik

B. Konstruktivisme

C. Behaviorisme

D. Kognitivisme

JAWABAN: A


17. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…

A. Behaviorisme

B. Konstruktivisme

C. Kognitivisme

D. Sibernatik

JAWABAN: C


18. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:

A. Silabus

B. RPP

C. Silabus dan RPP

D. SKL

JAWABAN: B


19. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....

A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran

JAWABAN: A


20. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:

A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar

B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru

D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.

JAWABAN: A


21. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi utama yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali

A. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran

B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)

C. Teknologi sebagai bahan dann alat bantu pembelajaran (literacy)

D. Teknologi sebagai alat pengembangan produk

JAWABAN:  D


22. Bu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk mengamati  tanaman jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu Ani memeriksa laporan hasil observasi siswa. Dari hasil klasifikasi kecenderungan gaya belajar siswa di peroleh peringkat hasil belajar peringkat terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas menunjukkan siswa memeiliki kecenderungan gaya belajar berhasil baik melalui.....

A. Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)

B. Visual (pandangan mata ) - Kinestik (gerak )

C. Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)

D. Auditif Visual dan kinestetik

JAWABAN: D



23. Upaya membimbing siswa untuk mengembang keterampilan pengetahuan terlihat dalam upaya guru:

A. memberi contoh penting toleransi

B. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa

C. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar

D. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi

JAWABAN: B


24. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar  antara lain sebagai berikut ………

A. menentukan kreteria keberhasilan belajar

B. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya

C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yang diharapkan

D. merencanakan pengajaran remidi

JAWABAN: D



25. Kegemaran anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia……...

A. 3-5tahun

B. 6-8 tahun

C. 10-12 tahun

D. 15-18 tahun

JAWABAN: C



26. Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya belajar para siswa tersebut adalah…….

A. implusive

B. reflektif

C. gaya berfikir terikat

D. gaya berfikir bebas

JAWABAN: A



27. Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat…….

A. jujur dan adil

B. mengikat dan memaksa

C. sementara dan selamanya

D. sebenarnya dan sejujunya

JAWABAN: B



28. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur ,hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang ……

A. Adil

B. Obyektif

C. Valid

D. Sistematis

JAWABAN: D



29. Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali, berapakalikah roda kedua akan berputar jika roda pertama berputar 10 kali

A. 30

B. 21

C. 27

D. 18

JAWABAN: A


30. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah ….

A. Pengukuran

B. Evaluasi

C. Penilaian

D. Penilaian

JAWABAN: B



31. Proses mendengarkan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh disebut…..

A. Membaca intensif

B. Membaca langsung

C. Membaca deduktif

D. Membaca sekilas

JAWABAN: A


32. Etika Pancasila adalah …..

A. Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan

B. Keagamaan, social dan kerakyatan

C. Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan

D. Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan

JAWABAN: A


33. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....

A. Metode pembelajaran

B. Pendekatan pembelajaran

C. Strategi pembelajaran

D. Gaya pembelajaran

 JAWABAN: C


34. Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah (1) meningkatkan proses belajar mengajar, (2) menggunakan rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan (3) mencakup proses refleksi dan partisipatif, kecuali....

A. Meningkatkan proses belajar mengajar

B. Menggunakan rancangan yang bersifat siklus

C. Mencakup proses refleksi

D. Menggunakan metodelogi terbaru

JAWABAN: D



35. Pada suatu hari dalam perjalanan menumpangi mobil angkot. Dua penumpang yang masih muda belia tertawa, tetapi tidak terdengar mereka melakukan interaksi. Karena penasaran, saya mencoba memperhatiakan apa yang mereka lakukan. Ternyata mereka adalah siswa-siswa tuna rungu sedang asyik berkomunikasi, akan tetapi komunikasi yang dilakukan tidak menggunakan bahasa. Mereka menggunakan jari-jari tangan untuk berkomunikasi. Dengan demikian mereka menggunkan bahasa isyarat. Dari ilustrasi di atas, bahasa termasuk komunikasi.....

A. Verbal

B. Nonverbal

C. Inverbal

D. Sistimatik

JAWABAN: B


36. Seorang bayi mulai berinteraksi dengan mengeluarkan bunyi-bunyi yang tidak beraturan ketika diperlihatkan sebuah maianan dan diajak bicara. Seorang ibu seringkali memberi kesempatan kepada bayi untuk ikut dalam komunikasi sosial dengannya. Bayi mengangkat-angkat badannya seolah-olah memberi tanda untuk minta digendong. Ketika itulah bayi pertama kali mengenal sosialisasi dan merasakan bahwa dunia ini tempat orang saling berbagi rasa. Proses anak mulai mengenal komunikasi dengan lingkungannya secara verbal disebut dengan....

A. Pemerolehan bahasa

B. Pemerolehan isyarat anak

C. Pemecahan bahasa anak

D. Karakteristik anak

JAWABAN: A


37. Penggunaan huruf kapital di bawah ini yang benar adalah....

A. “kapan bapak berangkat?” tanya dirman

B. Presiden jokowi berkunjung ke blora.

C. Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma

D. teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.

JAWABAN: C


38. Bahasa Indonesia Baku adalah bahasa Indonesia yang mengikuti kaidah atau pola bahasa Indonesia yang sedang berlaku.

Penggunaan huruf miring pada kalimat di atas digunakan untuk....

A. Menulis judul buku

B. Menjelaskan atau mengkhususkan huruf, bagian kata, atau kelompok kata

C. Menuliskan kata nama-nama ilmiah

D. Menuliskan nama majalah

JAWABAN: B


39. Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku dengan bahasa yang berbeda-beda, maka akan sulit berkomunikai kecuali ada satu bahasa pokok yang digunakan. Maka dari itu digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal ini Bahasa Indonesia memiliki kedudukan dan fungsi....

A. Sebagai lambang kebanggaan kebangsaan

B. Sebagai alat pemersatu bangsa

C. Sebagai alat perhubungan

D. Sebagai lambang identitas nasional

JAWABAN: C


40. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal dalam konteks pendidikan digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal tersebut merupakan fungsi Bahasa Indonesia sebagai....

A. Alat perhubungan tingkat nasional

B. Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK nasional

C. Bahasa yang digunakan dalam peristiwa kenegaraan

D. Bahasa pengantar di lembaga pendidikan

JAWABAN: D


41. Model pembelajaran yang cocok dengan mata pelajaran matematika adalah....

A. Model Inquiry Learning

B. Model Discovery Learning

C. Model Problem Based Learning

D. Model Project Based Learning

JAWABAN: A


42. Teman-teman, pernah punya pengalaman seperti Fikri, nggak? Sewaktu dia bermain di sungai bersama teman-temannya, dia mnginjak batu sungai yang licin. Akibatnya dia terpeleset dan byuurrr... jatuh deh ke sungai. Waah... asyik, ya, bermain di sungai. Eh, teman-teman tahu nggak, mengapa batu di sungai halus dan licin sedangkan batu-batu di darat banyak yang kasar? Begini penjelasannya, simak ya....

Dalam bacaan di atas menggunakan ragam bahasa....

A. Resmi

B. Baku

C. Tidak baku

D. Daerah

JAWABAN: C


43. Peggunaan tanda baca yamg benar dibawah ini adalah ............

A. Kita sekarang memerlukan meja. kursi. dan lemari.

B. Kita, sekarang memerlukan meja, kursi, dan lemari !

C. Kita sekarang memerlukan meja, kursi dan lemari.

D. Kita sekarang memerlukan meja kursi dan lemari ?

JAWABAN: C


44. Menyimak sebagai sebuah keterampilan berbahasa , Karena .........

A. Menyimak sambil melakukan aktivitas lain tidak mampu menanggapi secara tepat

B. Menyimak sambil melakukan aktifitas lain mampu menanggapi secara tepat

C. Membaca sambil menyimak mampu menangkap pembicaraan secara benar

D. Menyimak sambil menyanyi , ternyata dapat menanggapi secara tepat

JAWABAN: B


45. Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa metode yang dapat digunakan kecuali ............

A. Metode Kupas rangkai suku kata

B. Metode kata lembaga

C. Metode SAS

D. Metode Cerita

JAWABAN: D


46. Berikut diberikan studi kasus :

Mula – mula diberikan kalimat secara keseluruhan. Kalimat itu diuraikan atas kata – kata yang mendukungnya. Dari kata – kata itu kita ceraikan atas suku – suku katanya dan akhirnya atas huruf – hurufnya.Kemudian huruf – huruf itu kita sintetiskan kembali menjadi suku kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat. Berdasarkan studi kasus metode membaca permulaan yang tepat digunakan adalah .........

A. Metode Alfabet

B. Metode Suku Kata

C. Metode SAS

D. Metode Cerita

JAWABAN: B


47. Memilihberbagai metode menulis permulaan

1). Menulis permulaan

2). Merangkaikan huruf lepas menjadi suku kata

3). Merangkaikan suku kata menjadi kata

4). Menyusun kata menjadi kalimat

Tahapan diatas adalah teknik menulis permulaan dengan metode ............

A. Metode Eja

B. Metode Kata Lembaga

C. Metode SAS

D. Metode Global

JAWABAN: C


48. Merancang berbagai kegiatan menulis di kelas tinggi

Berikut adaah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi,kecuali....

A. Menulis tentang berbagai topik

B. Menulis pengumuman

C. Menulis pantun

D. Menulis memo

JAWABAN: C


49. Kegiatan mementaskan lakon atau cerita biasanya guru dan siswa mempersiapka naskah dan skenario,perilaku dan perlengkapan.kegiatan tersbut mengekpesikan perasaan dan pikiran siswa dalam bentuk bahasa lisan.hal tersebut termasuk hakekat berbicara jenis.....

A. Bercerita

B. Cerita berantai

C. Bermain peran

D. Dramatisasi

JAWABAN: D

50. 1) Warna batunya merah menyala seperti api, bila terkena sinar matahari akan menyilaukan mata.

2. Ayah memiliki batu akik yang sangat-sangat ia sukai.

3. Batu akik ini sungguh ajaib karena seakan menyala saat lampu mati.

4. Tidak salah jika Ayah sangat suka dengan batu akiknya ini.

Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi paragraf yang padu adalah ...

A. 1 – 4 – 2 – 3

B.  1 – 3 – 2 – 4

C.  2 – 1 – 3 – 4

D. 2 – 3 – 4 – 1

JAWABAN:  C 


BERSAMBUNG DALAM BAGIAN 2

KLIK RAJA SASTRA di Sini

Kamis, 15 Juni 2023

SAMBUTAN DAN PUISI SINGKAT DALAM PERPISAHAN



 KATA KATA  SINGKAT DAN PUISI PERPISAHAN

SAMBUTAN DAN PUISI SINGKAT DALAM PERPISAHAN

Rekan -rekan  yang saya cintai……!

Diluar terik cahya mentari membakar bumi, tapi angin datang 

membisik kata, suatu keharusan untuk mengahiri tugas.

Jangankan Cuma pekerjaaan setiap saatpun maut menguntit kita, tak tau kapan datang menjemput. Aku hanyalah seorang hamba tak tau apa penghambaanku di dunia pendidikan bermanfaat atau tidak. Setidaknya kita selalu berucap  

Allahu Akbar, tapi kadang hati kita diliputi dengan tingkah yang selalu mementingkan urusan dunia.

Allahhu Akbar tapi nyatanya kita masih takut dengan manusia, masih takut dengan para pejabat yang punya kuasa, masih serakah memperjuangkan urusan dunya. Itulah dosa dosa yang serig saya lakukan mungkin yang jadi hambatan dalam menegakkan kebenaran.

Bapak Ibu  …..yang saya hormati !

Perlu diketahui bahwa kebahagiaan tidak hanya bersipat keduniaan, tapi berkaitan dengan ketentraman hati, untuk itu marilah kita luruskan niat kita setiap memulai pekerjaan.  Menjaga hati dari sipat iri, menjaga amanat jangan sampai khianat.

Hidup kita itu singkat, maka gunakan waktu untuk berbuat kebaikan, berbuat baik bukan untuk orang lain tapi Kembali pada diri kita sendiri.

Maafkanlah segalah tingkah saya selama tugas bersama ini, mari saling mendoakan, agar hidup kita salalu dalam barokah dari Allah. Izinkan saya untuk  menggoreskan  pena dalam rangkaian kata puisi

Klik  RAJA  SASTRA  di sini


NADA NADA SENDU DISAAT BERPISAH 

(Undang Sumargana)


Usiaku yang tidak lagi muda

Badanku  yang tidak lagi kokoh

Mataku  yang tidak lagi jernih

Rambutku yang kini berubah warna

dan ingatan yang tidak lagi tajam 


Itulah aku  seseorang pernah hadir didunia pendidikan

untuk mencoba  merubah masa depan 

maafkan bila perkataan dan perilakuku 

selalu menyakiti teman-teman


awal bulan  Juni    merupakan akhir dari pertemuan kami

Dan masa tugasku di sekolah telah berakhir

Kalaulah ada perbuatan baik hanya sekeprul debu kenanglah

Banyak salah yang ku lakukan maafkanlah


Waktu telah mengantarkan ku 

pada satu titik pemahaman

bahwa tak ada yang abadi

Ketika air mata tak menetes

bukan berarti tak da  kerelaan

kini aku harus berjalan dan terus melangkah 

untuk meninggalkan segala kenangan


Meski diri kadang tak kuasa

mari  kita beriring atas salah  sapa 

aku ingin teman-tenman jadi  penerus perjuangan

dalam usia muda yang masih banyak yang harus diraih


Semoga waktu tak membuat kita lupa

bahwa kita pernah bersama di dalam tugas

semoga waktu mempertemukan kita lagi

semoga  Allah membuka jalan baru untuk terus bersyukur

tak perlu  bersedih  tak perlu merasa kehilangan

apa pun yang hilang dari kebersamaan kita  

akan datang dalam bentuk lain

mari kita nyalakan cahaya  di dalam hati kita ,                                                                 

supaya kita tak tersesat menempuh  jalan pulang            

 kita bersama mengosongkan air kotor dalam hati                                               

untuk kemudian kita isi kendi hati kita  dengan air bersih                               

Jangan pernah kau tangisi doa-doa yang belum allah kabulkan  di dunia  

pasti suatu hari nanti  kita …………….                  

akan memuji dan berterima kasih kepada Allah

KLIK RAJA SASTRA di Sini


Selasa, 13 Juni 2023

SELEKSI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) TAHUN 2023 SEGERA DIBUKA

SELEKSI PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS)  

SEGERA DIBUKA

SELEKSI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL  (PNS)  TAHUN 2023  SEGERA DIBUKA

Kerja sebagai PNS, masih banyak diburu oleh pencari kerja, karena dianggap menjanjikan untuk kehidupan di masa datang. Oleh karena itu sangat ditunggu-tunggu oleh para pencari kerja. Kini berbahagialah bagi warga masyarakat pencari kerja karena seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) mulai menemui titik terang. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas dalam suatu keterangan menyebutkan , seleksi CPNS akan dibuka pada September 2023. "(Dibuka) September 2023. Dan sudah diusulkan ke kementrian keuangan.   KLIK RAJA SASTRA di sini

Lowongan Lowongan Lebih dari 1 Juta CPNS Dibuka, 80 Persen untuk PPPK Kebutuhan formasi Dikutip dari laman Kemenpan RB, rencana kebutuhan formasi aparatur sipil negara (ASN) tahun ini mencapai 1.030.751 yang terdiri dari CPNS dan PPPK. Rinciannya adalah 46.666 kebutuhan pemerintah pusat, 943.373 kebutuhan pemerintah daerah, dan 6.259 formasi CPNS dari sekolah kedinasan. Pihak Kemenpan RB saat ini sedang mempersiapkan kebijakan dan tahapan penyelenggaraan seleksi ASN tersebut. Sementara itu, detail penetapan jumlah formasi di setiap instansi hingga kini masih dalam tahap finalisasi. Hal ini seiring dengan proses validasi dari usulan yang disampaikan masing instansi.


Artikelini bersumber dari  koran-koran online


MENUMBUHKAN RASA CINTA KEPADA NABI MUHAMMAD SAW DENGAN MEMBACA BERJANZY

KEBIASAAN MEMBACA KITAB Al-BARJANZY 
MENGANTARKAN KECINTAAN  
KEPADA NABI MUHAMMAD SAW

Membaca berjanzy , bukan lagi hal yang asing yang dilakukan oleh umat-umat Nahdiyin, hal ini dilakukan tidak hanya dibacakan Ketika hari lahir nabi saja, tetapi di sebagia tempat oleh umat Nahdiyin dijadikan rotinan setiap malam jumat. Bahkan di wilayah Selatan Tasikmalaya, tepatnya di Desa Bantarkalong, dan sekitarnya, yang merupakan Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya, membaca Berjanji, selain pada hari Kelahiran Nabi, dan Rotin setiap Juamat, sudah merupakan turun temurun, Mungkin dari sejak Waliyullah Syeh Zaenudin, sampai masyarakat sekarang, membaca Berjanji biasa pula dilakukan, setiap yang menyelenggarakn selamatan: Nikahan dan khitanan, bahkan yang akan berangkat hajipun malamnya diiringi dengan pembacaan Berjanji . Desa Bantarkalong sejak anak kelas 1 SD sudah diajari membaca perjanji, sehingga menjelang dewasa mereka tidak  hanya pandai membacanya bahkan kebanyakan sampai hapal di luar kepala.        

sesungguhnya Barzanji merupakan kitab yang berisikan tentang kisah perjalanan Rasullulah, pujian-pujian kepadanya, serta doa-doa. Bagi umat nahdiyiin, sehingga dengan dibacakan kisah tersebut, akan menambah pengetahuan umat terhadap Nabi Muhammad Saw, serta terus menambah kecintaan terhadap biliau jungjungan umat Islam. Kitab ini dinamakan Al Barjanzy karena dinisbahkan kepada nama desa pengarang yang terletak di Barjanziyah kawasan Akrad (kurdistan). Kitab tersebut nama aslinya ‘Iqd al-Jawahir (Bahasa Arab, artinya kalung permata) sebagian ulama menyatakan bahwa nama karangannya adalah I’qdul Jawhar fi mawlid an Nabiyyil Azhar, yang disusun untuk meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, meskipun kemudian lebih terkenal dengan nama penulisnya.

Kitab Maulid Al-Barzanji karangan beliau ini termasuk salah satu kitab maulid yang paling populer dan paling luas tersebar ke pelosok negeri Arab dan Islam, baik Timur maupun Barat. Bahkan banyak kalangan Arab dan non-Arab yang menghafalnya dan mereka membacanya dalam acara-acara keagamaan yang sesuai.

Kandunan Kitab Al-Barzanji merupakan khulasah (ringkasan) Sirah Nabawiyah yang meliputi kisah kelahiran beliau, pengutusannya sebagai rasul, hijrah, akhlak, peperangan hingga wafatnya.

Syaikh Ja’far Al-Barzanji dilahirkan pada hari Kamis awal bulan Zulhijjah tahun 1126 di Madinah Al-Munawwaroh dan wafat pada hari Selasa, selepas Asar, 4 Sya’ban tahun 1177 H di Kota Madinah dan dimakamkan di Jannatul Baqi`, sebelah bawah maqam beliau dari kalangan anak-anak perempuan junjungan Nabi SAW.

Sayyid Ja’far Al-Barzanji adalah seorang ulama besar keturunan Nabi Muhammad SAW dari keluarga Sa’adah Al Barzanji yang termasyhur, berasal dari Barzanj di Irak. Datuk-datuk Sayyid Ja’far semuanya ulama terkemuka yang terkenal dengan ilmu dan amalnya, keutamaan, dan kesalihannya.

Beliau mempunyai sifat dan akhlak yang terpuji, jiwa yang bersih, sangat pemaaf dan pengampun, zuhud, amat berpegang dengan Al Quran dan Sunnah, wara’, banyak berzikir, sentiasa bertafakkur, mendahului dalam membuat kebajikan bersedekah

Garis keturuanannya dengan Nabi Muhammad memlalui jalur Sayyid Husain, Sayyid Ja’far ibn Hasan ibn Abdul Karim ibn Muhammad ibn Sayid Rasul ibn Abdul Syed ibn Abdul Rasul ibn Qalandar ibn Abdul Syed ibn Isa ibn Husain ibn Bayazid ibn Abdul Karim ibn Isa ibn Ali ibn Yusuf ibn Mansur ibn Abdul Aziz ibn Abdullah ibn Ismail ibn Al-Imam Musa Al-Kazim ibn Al-Imam Ja’far As-Sodiq ibn Al-Imam Muhammad Al-Baqir ibn Al-Imam Zainal Abidin ibn Al-Imam Husain ibn Sayidina Ali r.a. dan Sayidatina Fatimah binti Rasulullah SAW.

Masa Kecil

Beliau dilahirkan di Madinah Al Munawwarah pada hari Kamis, awal bulan Zulhijjah tahun 1126 H (1711 M). Beliau menghafal Al Quran 30 Juz kepada Syaikh Ismail Alyamany dan Tashih Quran (mujawwad) kepada syaikh Yusuf Asho’idy kemudian belajar ilmu naqliyah (Quran dan Hadis) dan ‘Aqliyah kepada ulama-ulama masjid nabawi Madinah Al Munawwarah dan tokoh-tokoh qabilah daerah Barjanzi kemudian belajar ilmu Nahwu, Sharaf, Mantiq, Ma’ani, Badi’, Faraidh, Khat, Hisab, Fiqih, Ushul Fiqh, Falsafah, ilmu Hikmah, ilmu Teknik, Lughah, ilmu Mustalah Hadis, Tafsir, Hadis, ilmu Hukum, Sirah Nabawi, ilmu Sejarah.

Semua itu dipelajari selama beliau ikut duduk belajar bersama ulama-ulama masjid Nabawi dan ketika umurnya mencapai 31 tahun atau bertepatan 1159 H barulah beliau menjadi seorang yang ‘Alim wal ‘Allaamah dan ulama besar.

Senin, 12 Juni 2023

APA ITU KURIKULUM MERDEKA?

 PROBLEMATIKA KURIKULUM MERDEKA

APA ITU KURIKULUM MERDEKA?

UNTUK kesekian kalinya kurikulum pendidikan berganti. Kurikulum 2013 secara berangsur akan segera pensiun. Sekalipun namanya Kurikulum 2013, namun faktanya, baru di tahun 2018 kurikulum itu diterapkan di seluruh sekolah. Artinya, ada sebagian sekolah yang baru kurang lebih tiga tahun menggunakannya secara penuh, kurikulum sudah berganti lagi. Rencananya, pada 2024 seluruh sekolah akan menerapkan Kurikulum Merdeka. Seberapa perlu kurikulum berganti? Tergantung kesiapan pendidiknya. Sebab guru adalah pihak yang berada di garis terdepan untuk melaksanakan amanat kurikulum tersebut. Guru adalah pemeran utamanya. Sebaik-baiknya struktur dan konsep sebuah kurikulum, jika pemeran utamanya tidak siap, maka tetap saja, akan menjadi sebuah kesia-siaan. Kualitas pendidikan akan sulit terdongkrak tanpa didukung oleh guru-guru yang berkualitas.

Bercermin dari pelaksanaan Kurikulum 2013, misalnya. Kurikulum tersebut menuntut guru untuk melaksanakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Guru dituntut harus kreatif untuk dapat menyajikan pembelajaran dengan berbagai macam metode. Namun apa yang terjadi? Masih banyak guru yang mengajar dengan metode klasik lintas kurikulum: metode ceramah. Sebuah metode yang masih jadi pilihan utama kebanyakan guru hingga kini. Dan, terbukti, selama hampir sembilan tahun pelaksanaan Kurikulum 2013, dengan segala kelebihan dan kekurangannya, kualitas pendidikan Indonesia tidak mengalami kemajuan berarti. Lantas, apakah Kurikulum Merdeka akan mengalami nasib yang sama? Masih terlalu dini untuk menyimpulkannya. Biarlah kurikulum itu terus berproses dan diterapkan di sekolah-sekolah dengan kita senantiasa memberikan masukan kritis kepada pemerintah tentunya. Perbedaan Dua Kurikulum Ada banyak perbedaan dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Dalam hal penyosialisasiannya, misalnya, pada saat Kurikulum 2013, guru-guru difasilitasi dengan pelatihan dan pendampingan berjenjang oleh pemerintah. Namun tidak pada Kurikulum Merdeka. Tidak ada pelatihan semacam itu. Namun guru dituntut untuk mempelajarinya secara mandiri lewat platform Merdeka Mengajar yang telah disediakan pemerintah. Pada tahap awal, tahap pengenalan kurikulum, persoalan besar sesungguhnya telah muncul. Berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh Kemendikbudristek, ada 60% guru yang masih terbatas menguasai teknologi. Hal itu terbukti dari betapa tidak efektifnya pembelajaran jarak jauh dua tahun terakhir. Pembelajaran daring berjalan seadanya saja. Akibatnya, anak-anak mengalami learning loss yang cukup dalam. Jika mengacu pada data Kemendikbudristek tersebut, artinya hanya sekitar 40% saja guru yang dapat mempelajari Kurikulum Merdeka tanpa mengalami kendala. Selebihnya, butuh sentuhan dari pihak lain. Dinas-dinas pendidikan mungkin dapat mengambil peran di sini. Berbagai cara dan strategi harus dibuat untuk dapat memastikan seluruh guru di wilayahnya telah mempelajari kurikulum baru itu dengan baik. Namun hal itu tidak mudah. Sebab sangat mungkin ada daerah yang kurang peduli untuk menggerakkan dan memfasilitasi para tenaga pendidiknya untuk belajar. Komitmen yang kuat dari pemerintah daerah untuk memajukan pendidikan di daerahnya sangat dibutuhkan di sini. Selama ini kita melihat, ada banyak daerah yang tidak serius meningkatkan kualitas pendidikan daerahnya. Harus diakui, ini menjadi salah satu efek buruk otonomi daerah. Hal lain yang perlu disoroti dari penerapan Kurikulum Merdeka adalah adanya kewajiban bagi sekolah untuk melaksanakan proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Untuk SD, sebanyak 20% dari jumlah beban jam belajar, wajib dialokasikan untuk tugas proyek. Untuk tingkat SMP meningkat lagi menjadi 25%, Dan, SMA 30%. Sementara di Kurikulum 2013 tidak ada kewajiban untuk melaksanakannya.

Sumber bacaan:  SINDOnews.com 

di sini

Minggu, 11 Juni 2023

WHY FINDLAND SCHOOLS ARE SO SUCCESSFUL?

 Why Findland Schools are so Successful?

For many years the school system in Finland has been very successful. In the PISA survey, which compares reading, math and science knowledge of 15 year olds around the world, shows Finland is not only the top European country but also competes with Asian giants like China, Singapore and South Korea. But what makes the educational system in this small country so different from others in the western world?

The main reason is the Finish government makes it possible for all children to attend preschool, which comes after kindergarten. Compulsory education begins at 7. Teachers work with their pupils in school as much as possible. They have little homework to do when they get home.  When teachers are not with the pupils they spend a lot of time in schools working on the curriculum and new projects.  They teach in teams if it helps them reach their goals. That is why dropout rates are low compared to other countries.

In contrast to other nations, teaching in Finland is a highly admired profession. Finland selects its teachers very carefully.  Only talented students go on to a university and receive a master’s degree in education. Finland only takes the best to educate its youth.

Schools in Finland are small, at least for international standards. More than in any other country teachers are ready to prepare children for life. In some cases they know every pupil in their school and can adjust to them. Teachers try everything to succeed with their pupils. Most of the pupils get additional help in their elementary school years, either by the teachers themselves or through specially trained educators. Moreover Finland’s schools get their money from the government. The people who are in charge of the education system, from teachers to administrators are trained teachers, not politicians like in other countries.

All Finnish children, whether they come from the city or a rural town, whether from a rich or poor family have the same opportunities in education. Education experts claim that there is very little difference between very good and the worst students. Two thirds of Finish pupils who finish compulsory education move on to higher education, the highest rate in the European Union.

Until the 1960s Finland’s school system had been influenced largely by its neighbor, the Soviet Union.  Most students left school after six years; some went on to private school. Only the wealthy ones got a better education. In the middle of the 1960s the Finish government saw the need to change and modernize their education system if they wanted to be internationally competitive. Lawmakers made a simple decision: a single school for all the 7 to 16 year olds.  They also put a focus on language learning. Students learn Swedish as their second and English as their third language.

A part of Finland’s success is also due to the fact that its society is homogenous. There are not so many differences between the wealthy and poor, as in America or other western European countries. This is reflected in the classroom too. Teachers always try to show pupils how to behave socially and care for others. They teach them that taking responsibility is very important for their future careers.

PERSETRUAN YANG TIDAK SEIMBANG ANTARA PENGUASA MELAWAN ANAK SMP

TANGGAPAN DILAPORKANNYA SYARIFAH FADIYAH
SISWI SMP YANG PEMBERANI

Keberanian seorang siswi SMP di jambi, cukup menghebohklan para pengguna media sosial,  dia mengunggah akun tiktoknya, dengan kritikan yang pedas, yang berakibat ketersinggungan dan pelaporan anak siswi SMP tersebut, suatu hal yang konyol kepada anak di bawah umur saja kritik sedikit main dilaporkan.

Mungkinkah demokrasi di negara kita akan mati, karena sedikiit sedikit sang penguasa akan mempolisikan sang pengeritik ? Yang tentu saja rakyat akan dihantui ketakutan apalagi anak kecil pemberani dibungkam. Hemh pertarungan tidak seimbang Sang penguasa melawan anak kecil. Memalukan.

Menurut sebuah akun yutub, waktu Syarifah Fadiyah diwawancara Uya Kuya sudah lama pemerintah kota Jambi dikritik tapi tidak ada tanggapan. Bahkan dalam kejadian jauh sebelumnya ada hal  yang begitu tragis menimpa Ayahnya di tahun 2017. Ayahnya sebagai anggota Brimob yang bertugas di Aceh, difitnah perusahaan Cina. Dia dibilang malak menyetop mobil perusahaan, dibilang membekingi warga, dan akhirnya dia didatangi oknum propam Polda Jambi yang rame-rame mendatangi rumahnya, dia dibawa paksa tanpa surat panggilan, malah sempat dicekik dari belakang oleh sala seorang oknum propam tersebut. Dalam hal ini Uya Kuya juga sampai terkejut, mendengar penuturan Syarifah akan kelakuan oknum tersebut.

Kalaulah kejadian tersebut memang benar adanya.

“Hemhh… perlakuan sewenang -wenang hukum dalam pengendalian penguasa dan pengendalian pihak asing yang beruang”. Dapat kita bayangkan seorang anak kecil ketakutan melihat prilaku oknum.

Kebenaran telah disembunyikan. Perdamaian telah dilakukan. Namun inti permasalahan penyebab timbulnya keberanian anak menguggah kritikannya belum terdengar diselesaikan. 

Akankah  perjuangan Syarifah Fadiyah untuk neneknya terealisasi ?

Ataukah akan menggantung tanpa penyelesaian, seperti halnya banyak kasus lain yang menggantung menggerus sakit di hati  rakyat rakyat kecil ?

Sampai saat ini persoalan Siti Fadiyah masih terus bergulir,bahkan setelah tanggapan Mahpud MD,  siap turunya Pengacara kondang  Hotman Paris, Jendral Andi Perkasa, tanggapan dari Mata Najwa, yang akhirnya semakin viral di  Indonesia “Inilah cermin oknum para penguasa di negeri kita tercinta” sama anak kecil saja yang mulai mengenal demokrasi cepat-cepat dibungkam dengan  dilaporkan, apalagi sama penghuni negeri yang dewasa.

Memalukan !

Semoga dengan kejadian ini tidak menciutkan nyali penghuni negeri untuk terus berbicara tentang kebenaran, terus mengumandangkan kritiknya untuk membongkar ketidak adilan yang terjadi. 

Negeri kita memang sedang tidak baik-baik saja.

Negeri kita sedang sakit gigi, sehingga para penghuninya harus bungkam, untukmenanggapi ketidak adilan yang terjadi.

Featured Post

HABIB ALI ALHABSYI DENGAN KAROMAHNYA

KHARAMAH HABIB ALHABSYI:  BISA DENGAR SUARA TASBIH DAN BENDA MATI HABIB ALI ALHABSYI DENGAN KAROMAHNYA Habib Ali Alhabsyi nama lengkapnya H...