BERANDA

Kamis, 12 Desember 2024

MBAH JUM PENDUDUK BUMI YANG BIKIN IRI BIDADARI

MBAH JUM PENDUDUK BUMI YANG BIKIN IRI BIDADARI
Oleh: Askara

MBAH JUM PENDUDUK BUMI YANG BIKIN IRI BIDADARI

Mbah Jum adalah sebuah tokoh cerita yang nyata yang hidup di Bantul  suatu pedesaan di kota Yogyakarta. Ia seorang yang buta, yang berprofesi sebagai pedagang tempe, kesolehan dia luar biasa sulit rasanya ditiru kebanyakan orang keluruhan budi dan dan pengorbanan untuk bersedekah itulah yang membuat seseorang memceritakan sipatnya yang begitu agung sehingga membuat seseorang menceritakan kisah tersebut dalam sebuah cerpen

Selamat membaca dan semoga menginpirasi para pembaca untuk meniru perbuatannya yang begitu agungini

Mbah Jum, begitulah beliau dipanggil. Aku sempat bertemu dengannya 5 tahun yang lalu saat berlibur di Kasian Bantul Yogyakarta. Nama desanya saya lupa.

Mbah Jum seorang tuna netra yang berprofesi sebagai pedagang tempe. Setiap pagi beliau dibonceng cucunya ke pasar untuk berjualan tempe.

Sesampainya dipasar tempe segera digelar. Sambil menunggu pembeli datang, disaat pedagang lain sibuk menghitung uang dan ngerumpi dengan sesama pedagang, mbah Jum selalu bersenandung sholawat.

Cucunya meninggalkan mbah Jum sebentar, karena ia juga bekerja sebagai kuli panggul dipasar itu. Dua jam kemudian, cucunya datang kembali untuk mengantar simbahnya pulang kerumah. 

Tidak sampai 2 jam dagangan tempe mbah Jum sudah habis ludes. Mbah Jum selalu pulang paling awal dibanding pedagang lainnya.

Sebelum pulang mbah Jum selalu meminta cucunya menghitung uang hasil dagangannya dulu. Bila cucunya menyebut angka lebih dari 50 ribu rupiah, mbah Jum selalu minta cucunya mampir ke masjid untuk memasukkan uang lebihnya itu ke kotak amal.

Saat kutanya : “kenapa begitu ?”

“Karena kata simbah modal simbah bikin tempe Cuma 20 ribu. Harusnya simbah paling banyak dapetnya yaa 50 ribu. Kalau sampai lebih berarti itu punyanya gusti Allah, harus dikembalikan lagi. Lha rumahnya gusti Allah kan dimasjid mbak, makanya kalau dapet lebih dari 50 ribu, saya diminta simbah masukkin uang lebihnya kemasjid.”

“Lho, kalo sampai lebih dari 50 ribu, itukan hak simbah, kan artinya simbah saat itu bawa tempe lebih banyak to ?” Tanyaku lagi

“Nggak mbak. Simbah itu tiap hari bawa tempenya ga berubah-ubah jumlahnya sama.” Cucunya kembali menjelaskan padaku.

“Tapi kenapa hasil penjualan simbah bisa berbeda-beda ?” tanyaku lagi

“Begini mbak, kalau ada yang beli tempe sama simbah, karena simbah tidak bisa melihat, simbah selalu bilang, ambil sendiri kembaliannya. Tapi mereka para pembeli itu selalu bilang, uangnya pas kok mbah, ga ada kembalian. Padahal banyak dari mereka yang beli tempe 5 ribu, ngasih uang 20 ribu. Ada yang beli tempe 10 ribu ngasih uang 50 ribu. Dan mereka semua selalu bilang uangnya pas, ga ada kembalian.

Pernah suatu hari simbah dapat uang 350 ribu. Yaaa 300 ribu nya saya taruh dikotak amal masjid.” Begitu penjelasan sang cucu.

Aku melongo terdiam mendengar penjelasan itu. Disaat semua orang ingin semuanya menjadi uang, bahkan kalau bisa kotorannya sendiripun disulap menjadi uang, tapi ini mbah Jum…?? Aahhh…. Logikaku yang hidup di era kemoderenan jahiliyah ini memang belum sampai.

Sampai rumah pukul 10:00 pagi beliau langsung masak untuk makan siang dan malam. Ternyata mbah Jum juga seorang tukang pijat bayi (begitulah orang dikampung itu menyebutnya). Jadi bila ada anak-anak yang dikeluhkan demam, batuk, pilek, rewel, kejang, diare, muntah-muntah dan lain-lain, biasanya orang tua mereka akan langsung mengantarkan ke rumah mbah Jum.

Bahkan bukan hanya untuk pijat bayi dan anak-anak, mbah Jum juga bisa membantu pemulihan kesehatan bagi orang dewasa yang mengalami keseleo, memar, patah tulang, dan sejenisnya. 

Mbah Jum tidak pernah memberikan tarif untuk jasanya itu, padahal beliau bersedia diganggu 24 jam bila ada yang butuh pertolongannya. Bahkan bila ada yang memberikan imbalan untuk jasanya itu, ia selalu masukan lagi 100% ke kotak amal masjid. Ya ! 100% ! anda kaget ? sama, saya juga kaget.

Ketika aku kembali bertanya : “kenapa harus semuanya dimasukkan ke kotak amal ?”

Mbah Jum memberi penjelasan sambil tersenyum :

“Kulo niki sakjane mboten pinter mijet. Nek wonten sing seger waras mergo dipijet kaleh kulo, niku sanes kulo seng ndamel seger waras, niku kersane gusti Allah. Lha dadose mbayare mboten kaleh kulo, tapi kaleh gusti Allah.” (Saya itu sebenarnya nggak pinter mijit. Kalau ada yang sembuh karena saya pijit, itu bukan karena saya, tapi karena gusti Allah. Jadi bayarnya bukan sama saya, tapi sama gusti Allah).

Lagi-lagi aku terdiam. Lurus menatap wajah keriputnya yang bersih. Ternyata manusia yang datang dari peradaban kapitalis akan terkaget-kaget saat dihadapkan oleh peradaban sedekah tingkat tinggi macam ini. Dimana di era kapitalis orang sekarat saja masih bisa dijadikan lahan bisnis. Jangankan bicara GRATIS dengan menggunakan kartu BPJS saja sudah membuat beberapa oknum medis sinis.

Mbah Jum tinggal bersama 5 orang cucunya. Sebenarnya yang cucu kandung mbah Jum hanya satu, yaitu yang paling besar usia 20 tahun (laki-laki), yang selalu mengantar dan menemani mbah Jum berjualan tempe dipasar. 4 orang cucunya yang lain itu adalah anak-anak yatim piatu dari tetangganya yang dulu rumahnya kebakaran. Masing-masing mereka berumur 12 tahun (laki-laki), 10 tahun (laki-laki), 8 tahun (laki-laki) dan 7 tahun (perempuan).

Dikarenakan kondisinya yang tuna netra sejak lahir, membuat mbah Jum tidak bisa membaca dan menulis, namun ternyata ia hafal 30 juz Al-Quran. Subhanallah…!! Cucunya yang paling besar ternyata guru mengaji untuk anak-anak dikampung mereka. Ke-4 orang cucu-cucu angkatnya ternyata semuanya sudah qatam Al-Quran, bahkan 2 diantaranya sudah ada yang hafal 6 juz dan 2 juz.

“Kulo niki tiang kampong. Mboten saget ningali nopo-nopo ket bayi. Alhamdulillah kersane gusti Allah kulo diparingi berkah, saget apal Quran. Gusti Allah niku bener-bener adil kaleh kulo.” (saya ini orang kampong. Tidak bisa melihat apapun dari bayi. Alhamdulillah kehendak gusti Allah, saya diberi keberkahan, bisa hafal Al-Quran. Gusti Allah itu benar-benar adil sama saya).

itu kata-kata terakhir mbah Jum, sebelum aku pamit pulang. Kupeluk erat dia, kuamati wajahnya. Kurasa saat itu bidadari surga iri melihat mbah Jum, karena kelak para bidadari itu akan menjadi pelayan bagi mbah Jum

Matur nuwun mbah Jum, atas pelajaran sedekah tingkat tinggi 5 tahun yang lalu yang sudah simbah ajarkan pada saya di pelosok desa Yogyakarta.

KLIK RAJA SASTRA DI SINI

Sumber dari kiriman rekan dari sebuah watsaap

Irene Radjiman, @alun2 utara



ASAL USUL KUNTILANAK DI INDONESIA MENURUT HASIL PENELITIAN ORANG JERMAN

https://nothingelbowsigns.com/np73vcmi?key=9761ceeeef020a65606b139eedda326c

ASAL USUL KUNTILANAK DI INDONESIA 
MENURUT HASIL PENELITIAN ORANG JERMAN

 

Kisah-kisah mistis tentang kuntilanak,  menjadi pembicaraan yang menarik bagi masyarakat Indonesia dan menjadikan pembicaraan yang popular.
ASAL USUL KUNTILANAK DI INDONESIA  MENURUT HASIL PENELITIAN ORANG JERMAN

Kisah-kisah mistis tentang kuntilanak,  menjadi pembicaraan yang menarik bagi masyarakat Indonesia dan menjadikan pembicaraan yang popular. 

Berbekal rasa penasaran, seorang bule Jerman melakukan penelitian soal hantu kuntilanak yang cukup populer di Indonesia. Hal inilah yang mendasari seorang peneliti asal Jerman, Timo Duile, untuk menelisik lebih dalam tentang mitos kuntilanak yang masih dipercaya hingga sekarang.

Tak hanya Indonesia, negara-negara tetangga juga memiliki mitos serupa seperti kuntilanak dan teman-temannya.

Lalu, seperti apakah hasil dari penelitian Timo Duile tentang mitos kuntilanak? Jika ada hal-hal yang dianggap tidak masuk akal, maka biasanya hantu sering dijadikan kambing hitam.

Kepopuleran cerita hantu di Tanah Air sendiri bisa terjadi karena kebiasaan dari orang-orang terdahulu. Publik percaya jika cerita hantu merupakan salah satu jenis cerita rakyat atau folklore.

Cerita-cerita seperti itu masih awet hingga sekarang karena diteruskan secara turun-temurun dari mulut ke mulut. Salah satu yang paling populer adalah cerita tentang kuntilanak. Kuntilanak biasanya digambarkan sebagai sosok perempuan berbaju putih, berambut panjang, dan sering tertawa yang menyeramkan. Penggambaran kuntilanak yang menyeramkan itu kemudian menimbulkan berbagai pertanyaan tentang asal-usulnya. Hingga pada akhirnya, antropolog Jerman bernama Timo Duile melakukan penelitian terkait kuntilanak tersebut.

Penelitian Timo Duile itu berjudul "Kuntilanak: Ghost Narratives and Malay Modernity in Pontianak, Indonesia". Penelitian itu kemudian dipublikasikan Journal of the Humanities and Social Sciences of Southeast Asia pada 2020 silam. Dalam judulnya, Timo Duile mencantum nama Malaysia. Sebab kuntilanak tak hanya ada di Indonesia, tetapi juga ada di Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam, yang menyebutnya pontianak.

Penamaan pontianak di Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam sebagai kata ganti kuntilanak tidak terlepas dari kaitannya dengan asal-usul Kota Pontianak. Kata Pontianak sendiri berasal dari bahasa Melayu 'Ponti' yang berarti pohon tinggi. Asal kata ini berkaitan erat dengan kondisi alam di Delta Sungai Kapuas dan Landak yang jadi cikal-bakal Kota Pontianak.

Masyarakat Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam beranggapan pohon tinggi selalu ditempati oleh banyak roh. Roh memiliki berbagai sifat seperti manusia, ada yang jahat, baik, atau netral.Karenanya roh bisa hidup berdampingan dan saling berkomunikasi dengan manusia Namun, pada suatu ketika Syarif Abdurrahman, pendiri serta sultan pertama di Kerajaan Pontianak menggusur pepohonan itu dan menjadikannya sebagai permukiman yang jadi cikal bakal Kota Pontianak.

Lebih lanjut menurut Timo Duile , sejak penggusuran itu dilaksanakan terjadilah perubahan sebutan terhadap roh tersebut menjadi pontianak atau kuntilanak yang merujuk pada penunggu pepohonan tinggi. Hal ini juga membuat manusia modern mengidentikkan pohon besar, seperti beringin, sebagai tempat tinggal setan. Lantas, apa alasan roh berubah menjadi seram dan identik dengan wanita? Jawaban atas hal ini dapat ditemukan dalam riset sejarawan Nadya Karima Melati berjudul "Monsterisasi Perempuan dan Monoteisme" (2022). 

Sebelum Timo Duile, Nadya telah lebih dulu melakukan riset kuntilanak sejak 2013 silam. Dalam salah satu kesempatan, dia kemudian memaparkan jawaban menarik.

KLIK JUDUL BACAAN LAINNYA

Menurut Nadya, pandangan seram itu terjadi karena kedatangan agama monoteisme. Kehadiran monoteisme menolak adanya sosok spiritual lain selain Tuhan, Karenanya, pandangan roh bergeser menjadi hantu atau monster. 

"Agama monoteisme diperkenalkan bersamaan dengan patriarki. Mereka memperkenalkan konsep ketuhanan yang maskulin, menggeser kemudian menghancurkan kepercayaan lokal yang berhubungan dengan roh dan alam," tulisnya.

Berubahnya pandangan roh menjadi hantu tersebut selaras dengan pelekatan perempuan sebagai hantu. Hal ini disebabkan karena perempuan memiliki pengalaman erat yang dekat dengan kematian. Meski begitu, penggambaran kuntilanak sebagai perempuan yang menyeramkan sudah terlanjur membeka di pikiran masyarakat karena sering dipopulerkan oleh film dan cerita misteri.

Hal itu juga susah untuk diubah kembali. KLIK DI SINI

SUMBER BACAAN

di Tribuntrends.com 


Minggu, 15 September 2024

5 TIPS MENDONGENG YANG BAIK SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

5 TIPS MENDONGENG YANG BAIK 
SEBAGAI METODE  PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

5 Tips mendongeng  yang baik sebagai metode pembelajaran yang efektif. Mendongeng menjadi media untuk menanamkan nilai-nilai kehidupan yang baik kepada anak dengan cara yang menyenangkan. Mendongeng  bagi siswa memberikan kenangan manis, dan ibaratnya menjadi tetesan air yang akan membantu tumbuhnya karakter-karakter baik dalam diri adik-adik yang hadir hari ini,
5 TIPS MENDONGENG YANG BAIK  SEBAGAI METODE  PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

RAJA SASTRA-- 5 Tips mendongeng  yang baik sebagai metode pembelajaran yang efektif. Mendongeng menjadi media untuk menanamkan nilai-nilai kehidupan yang baik kepada anak dengan cara yang menyenangkan. Mendongeng  bagi siswa memberikan kenangan manis, dan ibaratnya menjadi tetesan air yang akan membantu tumbuhnya karakter-karakter baik dalam diri adik-adik yang hadir hari ini,

5 Tips mendongeng  yang baik sebagai metode pembelajaran yang efektif. Dongeng merupakan salah satu karya seni berbentuk cerita rakyat tentang suatu kelompok, masyarakat, atau daerah tertentu. Sayangnya, dewasa ini dongeng sudah mulai dilupakan oleh sebagian orang karena adanya perkembangan zaman.

5 Tips mendongeng  yang baik sebagai metode pembelajaran yang efektif,   tetafi banyak yang beranggapan  membaca dongeng kerap dianggap sangat sulit sehingga harus memiliki teknik tertentu. Padahal, menurut Pendongeng Profesional, mendongeng adalah kegiatan yang mudah dan sederhana.

BACAAN LAINNYA:

Manfaat Mendongeng

  • Dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak-anak sehingga lebih dapat memahami nilai-nilai tersebut di kehidupan sehari-hari. 
  • Mendongeng berguna memupuk nilai-nilai penguatan Profil Pelajar Pancasila,
  • Mendongeng kepada anak menurutnya juga dapat membangun karakter anak Indonesia untuk semakin mencintai buku dan budaya baca sejak dini.
  • Mendongeng bagi para guru merupakan wujud untuk mengambil peranan membentuk generasi muda yang mandiri dan berwawasan kebangsaan di era digital.Selain itu, 
  • Mendongeng pun upaya untuk menciptakan suasana yang aman dan menyenangkan bagi para siswa.
  • Mendongeng kepada anak menurutnya juga dapat membangun karakter anak Indonesia untuk semakin mencintai buku dan budaya baca sejak dini.

Metode Belajar Tanpa Menggurui

  • Aktivitas mendongeng merupakan salah satu media belajar yang paling efektif untuk anak. Kegiatan ini terasa makin menyenangkan ketika pendongeng menampilkan cerita yang disukai dan dekat dengan dunia anak-anak. Apalagi jika aktivitas mendongeng turut dikemas dengan cara penyampaian yang menarik sehingga pendengar semakin bersemangat untuk menyimak cerita yang disuguhkan. Jelasnya mendongeng adalah cara yang efektif dalam belajar tanpa menggurui anak-anak. Melalui aktivitas mendongeng juga, akan membangun ikatan antara pendongeng dan yang didongengkan, seperti ikatan antara orang tua dan anak, kakak dan adik, atau guru dan murid.
  • Dengan mendongeng kita bisa menanamkan nilai-nilai kehidupan kepada anak dengan cara yang menyenangkan. 

5 Tips Mendongeng yang Baik

Tips Mendongeng yang Baik  Sebagai Pembelajaran yang Efektif dapat dilakukan dengan cara : 

1. Pilih cerita dengan unsur kisah yang kuat agar anak bisa tertarik mendengar

Dongeng bukanlah terkait dengan hal lucu yang bergerak seperti boneka atau kegiatan membaca dengan alat bantu, suara yang lucu, dan sebagainya. Melainkan, suatu kegiatan yang mudah dan sederhana namun tetap butuh persiapan yang baik. Salah satu persiapan yang diperlukan dalam membaca dongeng, yakni cerita yang kuat. Cerita yang kuat akan menjadi dongeng yang menarik untuk anak. Cerita yang kuat di sini adalah cerita yang mempunyai nilai untuk disampaikan kepada anak," terangnya.

2. Baca dongeng dengan suara yang jelas dan

Selain itu perlu diperhatikan agar dongeng dapat tersampaikan dengan baik, sebuah cerita harus dibaca dengan suara yang jelas. Baginya, aspek yang satu inilah yang bisa membuat dongeng menjadi tidak terlupakan untuk anak-anak. Bukan membaca dengan nada yang lucu, tetapi baca dongeng dengan suara yang jelas. Orangtua dan pengajar bisa mencoba metode ini untuk menjelaskan teori akademis serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari,

3. Tambahkan gesture dan mimik wajah untuk menunjang kekuatan cerita 

Untuk dapat menarik hati pendengarnya,  dongeng juga harus dibaca dengan disertai mimik dan gesture. Hal ini berguna untuk membuat dongeng terpatri dalam ingatan anak-anak. Disertai mimik dan gesture yang menunjang juga akan menambah kekuatan dongeng. Bahkan, membuat dongeng menjadi satu ingatan yang baik untuk anak-anak,.

4. Jangan ajak anak menarik kesimpulan saat Ccerita telah selesai dibaca. 

Yang perlu dilakukan  ajak anak berdiskusi agar cerita terkesan lebih interaktif Ketika membaca sebuah cerita dongeng, untuk tidak memberikan kesimpulan di akhir cerita. Sebaliknya, ia menuturkan bila cerita dongeng lebih baik diakhiri dengan sesi diskusi agar cerita yang disajikan jadi lebih interaktif. Jangan sampai memberikan kesimpulan di akhir cerita dongeng. Lebih baik bila disematkan diskusi pada akhir cerita dongeng agar cerita jadi lebih interaktif," jelasnya.

5. Sampaikan dongeng dari dalam hati dengan ketulusan dan cinta

Cerita dongeng pada dasarnya dapat berubah tergantung pada feedback yang diberikan oleh si pendengar. Oleh karena itu, sosok pendongeng juga harus bersikap fleksibel dengan respons yang tak terduga. Selain itu, mendongeng juga harus disampaikan dari dalam hati, terutama dengan cinta. Dengan begitu, nantinya apa yang disampaikan dalam cerita dapat menyentuh hati pendengarnya..

Itulah 5 tips mendongeng yang baik dan benar dari  KLIK DI SINI


Sumber Bacaan : Rika Endang Triyani, "Pendongeng Profesional". 

INTRIK DARI DINASTI POLITIK MENJADIKAN HAL YANG MENGGELITIK

INTRIK DARI DINASTI POLITIK

MENJADIKAN HAL YANG MENGGELITIK

Intrik dari  dinasti politik menjadikan hal yang menggelitik. Hal ini berkaitan waktu pemilu semakin dekat, situasi semakin memanas namun aku tidak akan membahas Pemilu secara keseleruhan. Bukan tentang siapa capres-cawapresnya, mengenai visi-misinya, ataupun track-record nya.
INTRIK DARI DINASTI POLITIK 
MENJADIKAN HAL YANG MENGGELITIK

rajasastrra-us.blogspot.com  Intrik dari  dinasti politik menjadikan hal yang menggelitik. Hal ini berkaitan waktu pemilu semakin dekat, situasi semakin memanas namun aku tidak akan membahas Pemilu secara keseleruhan. Bukan tentang siapa capres-cawapresnya, mengenai visi-misinya, ataupun track-record nya. Tulisan ini aku dedikasikan untuk hal yang menggelitik kita semua. Mengenai dinasti politik, rasanya menjadi isu yang hangat dan sayang sekali untuk dilewatkan.

Intrik dari  dinasti politik menjadikan hal yang menggelitik.Tahun politik masih berlangsung menuju  Pemilihan Kepala Daerah.  Ada yang luar biasa pada Pilkada tahun ini , sebagian besar pemilihnya anak muda. Tentu saja menjadi sasaran empuk untuk mendulang suara,  Anak muda kebanyakan sedang sibuk-sibuknya mengejar karier, berjuang melewati quarter-life-crisis, ataupun cinta-cintaan. Sepertinya gak akan punya banyak waktu buat mantengin drama Pilkada  saat ini. Kekecewaan terutama masarakat Jakarta karena calon yang diharapkan tidak lolos pencalonan menjadikan kemarahan yang dapat mempengaruhi jalannya pemilihan Gubernur khususnya di Jakarta.

Tapi aku yakin kawan-kawan yang membaca tulisan ini, kamu masih memiliki kesadaran dan kepedulian tersendiri untuk Indonesia. Merawat daya kritis untuk merebut kembali narasi ke jalur yang mesti. Akan diletakkan di tangan siapa, tampuk kepemimpinan dan kekuasaan ini.

Intrik dari  dinasti politik menjadikan hal yang menggelitik. Dinasti politik, tidak asing bukan? Saya bantu mengingatkan kembali Azwar Anas selaku Bupati Banyuwangi 2016-2021 digantikan sang istri Ipuk Fiestiandani sebagai Bupati 2021-2024, Mustofa Kamal (Bupati Mojokerto 2010-2018) dilanjutkan sang istri Ikfina Fahmawati (Bupati Mojokerto 2021-2024), Haeny Relawati (Bupati Tuban 2001-2011) dilanjutkan sang anak Aditya Halindra (Bupati Tuban 2021-2024), dan yang paling ruwet terkenal yaitu bagi-bagi jabatan antar dua pasang suami istri yaitu di Klaten, sejak 2000-2024. Dan yang paling hot sekarang permainan Gibran Rakabuming Raka yang menjadi calon wakil persiden  sebelum usia 40 tahun. 

Di sini coba kita bedah tipis-tipis mengenai dinasti politik itu sendiri. Apa yang disebut dengan dinasti politik? Dinasti politik, bicara mengenai dinasti layaknya Kerajaan. Orang-orang yang memimpin dia yang masih satu darah dengan pimpinan lama turun-temurun istilahnya. Lalu apa yang terjadi jika politik dinasti terjadi di suatu negara.

Gak ada salahnya juga Dinasti politik diperbolehkan. Di negara-negara lain juga ada. Pembedanya, di negara lain dalam satu keluarga dididik akan politik memang terencana, contohnya di Amerika Serikat yaitu Klen Kenedy.

Intrik dari  dinasti politik menjadikan hal yang menggelitik.hal iniu dikarenakan dinasti politik yang ada di Indonesia ini tidak main cantik rupanya. Kebanyakan kepala daerah yang saya sebut pada tulisan di atas bermotif ”ujug-ujug” serba dadakan, suami lengser istri atau anak menggantikan dan ndilalah menang.

Bagaimana menurut pandangan anda berkaitan dengan dinasti politik?  Kalau terseleksi dengan benar dan bermodal kompetensi yang mumpuni tidak ada masalah bukan.  hal ini berakibat lebih hemat energi untuk menyeleksi. Akan tetapi gimana jika yang dikatakan Bung Rocky benar, jalan pikiran sekarang kebanyakan macet, karena jalan konstitusi bolong-bolong dilewati tronton-tronton dinasti. Kompeten atau tidak itu yang harus diedarkan di politik dinasti, bukan malah diselundupkan layaknya barang bodong lalu bebas pajak.

Perlukah  sebenarnya  adanya undang-undang mengenai dinasti politik? 

Intrik dari  dinasti politik menjadikan hal yang menggelitik. Perlu diketatkan lagi sebenarnya dengan adanya undang undang yang berkaitan dengan hal tersebut. Namun, sayangnya undang-undang mengenai politik dinasti ini belum diperjuangkan secara serius tbahkan  dengan alibi HAM, semua Masyarakat berhak untuk dipilih dan memilih, hal ini tidak dilarang secara khusus. Asal kapasitas politik perlu disesuaikan, contoh minimal menjadi kader partai sudah selama berapa tahun, sebelumnya pernah menjabat belum, dsb.

BACAAN LAINNYA:

Akan tetapi bagaimana jika hanya berlandaskan rasa tidak enak dengan pemimpin lama, lalu meloloskan berkas syarat pemimpin baru yang masih satu keluarga.

Intrik dari  dinasti politik menjadikan hal yang menggelitik. Melihat semakin maraknya dinasti politik, idealnya hal ini harus diatur lagi dalam undang-undang. Politik itu harusnya memunculkan wajah baru dengan berbagai inovasi baru pula bukan melahirkan wajah lama dengan dandanan tebal alibi meneruskan perjuangan atau  meraup harta kekayaan yang kurang dengan korupsi dan pencitraan. KLIK DI SINI

Sabtu, 14 September 2024

PERAN BUKU UNTUK MENGHIDARI PENGARUH GAWAI BAGI ANAK-ANAK

PERAN BUKU UNTUK  MENGHINDARI
PENGARUH GAWAI  BAGI ANAK ANAK


ANAK-ANAK ASIK MEMBACA BUKU


ANAKANAK ASIK BERMAIN GAWAI

rajasastra-us.blogspot.com Meningkatnya  era perkembangan teknologi saat ini,menjadikan  peranan buku semakin dilupakan. Padahal keberadaannya sangat penting dalam tumbuh kembang generasi bangsa. Anak-anak mulai melupakan bacaan yang menarik, karena asyik dengan gawainya. kampanye literasi sudah dahulua digaungkan Perpusnas, tapi tidak berhasil, bahkan semakin banyak anak yang ketagihan gawainya.  Peran orangtua menyikapi perkembangan teknologi yang begitu pesat. “Ibuku Perpustakaan Pertamaku". Artinya orangtua punya peran penting di rumah, sebelum sosialisasi keluar rumah. "Ibu atau ayah mendampingi anak-anak mereka untuk kenalkan literasi. Penelitian membuktikan usia 0-5 tahun pada anak, perkembangannya dikontrol melalui buku bacaan, Saat ini, sambungnya, kampanye literasi masih terus berlangsung, namun
apalah artinya kampanye literasi bila orang tua dirumah membiarkan anak-anaknya terus membuka gawai, bahkan anak kecil yang masih dibawah 2 taunan dibiarkan asik dengan gawai dengan alasan dari pada dia rewel. Malah orangtua nyapun saat-saat di rumah jarang berkomunikasi dengan keluarga ikut asik membuka -buka gawai tak memberikan contoh yang baik pada anak-anak.

Peran Buku sangat penting, tapi bagaimana membiasakan membaca pada anak bisa ditanamkan, kalau di rumah-rumah tidak tersedia bahan bacaan, kalau di sekolah-sekolah perpustakaan sekolah tidak berfungsi dengan baik, perpustakaan-perpustakaan umum tidak dikelola dengan baik, taman-taman bacaan kurang berfungsi. Walaupun buku-buku banyak diperdagangkan tapi harga masih dianggap mahal. 

Baca yang lain:

Membaca buku harus menyenangkan bagi  anak-anak sehingga  anak  main di perpustakaan. Disinilah peran dari pustakawan Perpusnas membantu bagaimana bisa bermain sambil membaca. Karena dunia anak tak bisa lepas dari bermain

Peran buku sangat penting tapi akibat Gawai anak-anak mulai semakin lupa peranan buku untuk itu ciptakanlah layanan khusus agar  anak dibuat lebih menyenangkan, ada mainan dan sebagainya. Kesenangan yang awalnya didapatkan melalui gawai, bisa dialihkan ke perpustakaan. Kita  tidak meninggalkan teknologi, tapi justru  harus memanfaatkan teknologi . Yakni membuat aplikasi I-Pusnas. Jadi masyarakat kalau mau baca buku, tak harus datang ke Perpusnas. Cukup buka aplikasi melalui telepon genggam, Untuk sekolah sediakan aplikasi Pusnas Edu, sehingga memudahkan perpustakaan di sekolah mencari buku untuk kebutuhan belajar mengajar. Agar anak-anak menyukai literasi, peran orang tua juga  sangat dibutuhkan. Misalnya, mematikan televisi mulai dari pukul 18.00-19.00 WIB untuk memberi waktu membaca. Ini memang tantangan terbesar. Sejak dini dibiasakan kenalkan bahan bacaan. Saat mau tidur juga, anak-anak paling suka bacaan dongeng. Peran  khusus orang tua dituntut memiliki daya kreativitas tinggi. Agar mereka bisa diarahkan untuk melakukan kegiatan literasi. Misalnya saat membaca, itu dibuat agar mereka tidak seperti membaca Contoh juga anak-anak ditanya soal cita-cita. Mereka membaca dulu, baru menulis apa cita-cita mereka saat dewasa. Dengan cara ini, buku menjadi hidup. Tidak lagi selesai membaca, lalu tutup buku. Jadi menciptakan sesuatu dari membaca.  

Peran buku sangat penting  Namun, akan berbeda jika intervensi teknologi dalam bentuk pemakaian gadget digunakan untuk anak yang baru saja belajar membaca atau baru saja dipupuk minat membacanya. Apalagi, jika penggunaannya secara berlebihan, ketertarikan anak pada bacaan dapat saja berkurang atau hilang sama sekali. Penggunaan gadget yang berlebihan bisa memicu kurangnya aktivitas sehari-hari dan menganggu kualitas dan kuantitas tidur mereka. Jika ini terjadi pada anak yang proses pertumbuhannya masih berjalan akan mengakibatkan pertumbuhan fisik, kognitif, dan afektifnya tersebut terganggu. Tidak heran jika, banyak anak yang tantrumnya sulit diatasi karena kecanduan. Pesan kepada para orangtua agar penggunaan gadget untuk anak dilakukan secara bijak, sehingga akan lebih banyak manfaat yang didapat. 

 Ketik Raja Sastra di Sini


BAHAN SUNTING-SUNTING SUMBER

KEMAMPUAN BERFIKIR LOGIS DAN BERNALAR KRITIS YANG PERLU DIMILIKI GURU

 KEMAMPUAN BERFIKIR LOGIS DAN BERNALAR KRITIS
YANG PERLU DIMILIKI GURU

melatih berfikir kritis
KEMAMPUAN BERFIKIR LOGIS DAN BERNALAR KRITIS YANG PERLU DIMILIKI GURU

rajasastra-us.blogspot.com  Berfikir logis dan bernalar kritis adalah dua hal yang sulit dibedakan oleh kebanyakan guru di Indonesia, hal ini bisa dianggap wajar karena keduanya datang dari dunia filsafat, sedangkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Tarbiyah di Indonesia umumnya sangat sedikit bersentuhan dengan filsafat. Bernalar dan berfikir kritis merupakan salah satu dari enam ciri profil pelajar Pancasila walaupun  tidak semua guru mampu bernalar dan berfikir kritis, setidaknya guru ilmu sosial dan ilmu agama harus mampu berpikir kritis.

Saya menangkap penjelasan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim di banyak kesempatan. Mas menteri mengira kedua keterampilan berpikir itu, logis dan kritis sama saja. Dalam tradisi filsafat, keduanya dibedakan. Maka, cara menilai dan mengukur kemampuan berpikir logis dan berpikir kritis guru dan siswa niscaya harus dibedakan. Para filsuf yang mempopulerkan istilah logis dan kritis ke ruang percakapan akademi dan percakapan publik juga beda-beda. Yang berkaitan dengan berfikir logis dan bernalar kritis menurut para hali adalah sebagai berikut:

  • Peletak pertama rumusan berpikir logis adalah Aristoteles. Ia mempopulerkan aturan-aturan berpikir berdasarkan logika deduksi silogisme.
  • Lalu, Francis Bacon dan Jhon Stuart Mill dianggap dua orang paling berjasa dalam mempopulerkan aturan-aturan berpikir baru, disebut logika induksi emperisme.
  • Belakangan, muncul Gottlob Frege menyusun aturan logika modern atau logika matematika. Berbeda dengan konsep kritis, walaupun sudah digunakan di era Yunani kuno, namun kemasyhurannya dalam filsafat modern berada di tangan Immanuel Kant, seorang filsuf Jerman. 
  • Narasi kritis ini dirawat dalam tradisi marxisme, lalu diperbaiki dan dipopulerkan lebih luas oleh mazhab Frankfurt, terutama generasi Habermas. 
  • Pemikir paling berpengaruh yang membawa teori kritis ke dunia pendidikan adalah Paolo Freire, Guru Besar pendidikan asal Brasil. 
  • Freire memperkenalkan pedagogi kritis lengkap dengan metode praktis memandu proses pembelajarannya. 

Jadi jelas, berpikir logis dan berpikir kritis adalah dua cerita yang berbeda, dua kemampuan yang berbeda, dan dua kebutuhan yang berbeda. Idealnya, semua guru pertama-tama harus menguasai kemampuan berpikir logis, lalu dilanjutkan dengan kemampuan berpikir kritis. Meskipun, guru Ilmu Pengetahuan Alam tidak membutuhkan kemampuan berpikir kritis pada tingkat yang sama dengan guru Ilmu Pengetahuan Sosial. Namun seluruh guru tidak boleh tidak, harus menguasai kemampuan berpikir logis. Karena seluruh cabang ilmu pengetahuan punya ketergantungan tinggi pada logika. Bahkan Ilmu Agama batal menjadi ilmu jika tidak tunduk pada aturan-aturan logika. Termasuk pengalaman mistisisme kaum sufi atau pertapa meditasi dalam tradisi agama berbeda pada akhirnya tunduk pada aturan logika ketika pengalaman itu mulai dikomunikasikan dalam ruang diskursus akademi dan ruang publik. Bagaimana berpikir logis? 

Baca judul lainnya:

Sederhanya, berpikir logis diukur dari tingkat kesesuaian pikiran dengan logika. Logika, suatu ilmu yang menyediakan himpunan aturan untuk memandu manusia berpikir lurus dan menghindarkan manusia dari kesalahan berpikir (falasi). Dalam logika, bahasan utamanya dua bagian. Pertama, memperjelas gagasan (konsep) yang sedang dibicarakan. Pada bagian ini, logika memastikan konsep yang sedang dibahas dapat didefinisikan dengan benar sesuai aturan-aturan definisi. Definisi itu usaha membatasi makna dari sebuah konsep. Jika makna dari satu konsep tak dapat dibatasi, minimal dapat dibedakan dari makna konsep lain. KLIK DI SINI

Jumat, 13 September 2024

MENGENAL KAHLIL GIBRAN DENGAN 3 PUISI CINTA DAN SAYATAN HATI YANG MENANDAKAN HATINYA PATAH

 MENGENAL KAHLIL GIBRAN DENGAN 3 PUISI  CINTA DAN SAYATAN HATI YANG MENANDAKAN  HATINYA PATAH      

rajasastra-us.blogspot.com Kahlil Gibran adalah seorang sastrawan yang lahir di Lebanon pada 6 Januari 1883 dan meninggal di New York City, Amerika Serikat, 10 April 1931 pada umur 48 tahun. Beliau adalah seorang seniman, penyair dan penulis yang mempunyai aliran romantik yang memadukan budaya timur dan barat. Karyanya sudah banyak terkenal di berbagai belahan dunia dan karya yang paling populer adalah bukunya yang berjudul The Prophet.

Saat masih kecil Kahlil Gibran tinggal di Bsharri bersama dengan kedua orang tuanya dan kedua saudara perempuannya. Daerah yang ia tinggali itu terkenal dengan daerah yang sering tertimpa bencana alam yang terus melanda yang kelak akan menginspirasi Kahlil Gibran untuk membuat karya karya mengenai alam.

Hingga pada umur 10 tahun Kahlil Gibran bersama keluarganya pindah ke Boston, Massachusetts, Amerika Serikat karena kesuitan ekonomi di Lebanon. Di Amerika ia mulai belajar seni dan memulai karier sastra. Ia bersekolah umum di Boston. Dua tahun bersekolah di sana bakat kesastraan dan melukisnya mulai menonjol sejak bersekolah di sekolah umum di Boston pada tahun 1895-1897.

Kahlil Gibran , lahir di Libanon  pada 6 Januari 1883 Kahlil Gibran meninggal di New York City, Amerika Serikat pada 10 April 1931 dalam usia 48 Gibran meninggal karena sirosi hati dan TBC yang dideritanya.  . Sebelum kematiannya Gibran mengatakan keinginannya untuk dikubur di Lebanon. Keinginan tersebut dipenuhi oleh kekasihnya Haskell pada 1932                 ibunya  bernama Kamila dan seorang  ayahnya  bernama Kahlil bin Gibran. Dia memiliki dua saudara perempuan, yaitu Mariana dan Sultana dan satu saudara tiri laki-laki bernama Peter. Saat bersekolah di Boston Awalnya nama asli Gibran adalah Gibran Khalil Gibran. Namun atas saran-saran dari gurunya saat bersekolah di Boston, Gibran akhirnya menyingkat namanya menjadi Kahl Gibran.Tahun  1894 Gibran bersama keluarganya kecuali sang ayah merantau ke Amerika. Sesampainya di Amerika mereka menetap di Boston.       Dalam hidupnya Gibran benyak berkarya terutama Puisi. Karya-karyanya banyak mengangkat kemanusian, karya Gibran juga banyak berbicara mengenai cinta, keindahan atau bahkan sayatan-sayatan hatinya yang menandakan kehidupan yang patah

Karyanya sudah banyak terkenal di berbagai belahan dunia dan karya yang paling populer adalah bukunya yang berjudul The Prophet.

Kahlil Gibran Terkenal sebagai penyair dunia yang sangat hebat, Karya Kahlil Gibran telah banyak karya yang mengagumkan seperti The Madman, Sayap-Sayap Patah, Yesus Anak Manusia, Taman Sang Nabi dan lain sebagainya. Menginjak usia 18 tahun, saat Gibran pindah ke Paris ia menulis buku pertamanya berjudul Spirit Rebelious yang terinspirasi dari tanah kelahirannya. Dilihat dari berbagai karyanya yang fenomenal, Gibran terkenal sebagai seorang pengamat yang baik. Dalam buku pertamanya, ia menulis empat cerita kontemporer berupa sindiran keras kepada koruptor yang begitu mengundang pro dan kontra. Akibat tulisannya tersebut, ia dikucilkan dari gereja Maronit. Meski demikian, beberapa di antaranya merasa sindiran Gibran merupakan suara pembebasan dan yang menjadi harapan bagi kaum tertindas di Asia Barat.

Kahlil Gibran merupakan seniman dan sastrawan yang membuat karya karya romantis yang sudah terkenal ke penjuru dunia.  Di bawah ini penulis kutif  tiga puisi cinta Kahlil Gibran penuh makna dan menyayat hati,  tak heran jika puisi Kahlil Gibran masih banyak digunakan sampai sekarang sebagai ungkapan cinta pada pasangan.  

                         

Jatuh Cinta Padamu

(Kahlil Gibran)


Mempesonanya kamu

Menyungging senyummu

Menghiasi raut wajahmu

Mendiamkan detak jantungku

Mataku jadi pencuri senyummu

Yang menghantam jantungku

Bingung tak menentu

Dengan kehadiranmu

Mungkinkah menerimaku

Kutakut kehilanganmu

Bila kau tahu perasaanku

Yang jatuh cinta padamu


Cinta Yang Agung

(Kahlil Gibran)


Adalah ketika kamu menitikkan air mata

dan masih peduli terhadapnya..

Adalah ketika dia tidak mempedulikanmu dan kamu masih

menunggunya dengan setia..

Adalah ketika dia mulai mencintai orang lain

dan kamu masih bisa tersenyum sembari berkata Aku

turut berbahagia untukmu

Apabila cinta tidak berhasilbebaskan dirimu

Biarkan hatimu kembali melebarkan sayapnya

dan terbang ke alam bebas lagi ..

Ingatlahbahwa kamu mungkin menemukan cinta dan

kehilangannya..

tapi..ketika cinta itu mati..kamu tidak perlu mati

bersamanya

Orang terkuat bukan mereka yang selalu menang..

melainkan mereka yang tetap tegar ketika

mereka jatuh


Adalah ketika kamu menitikkan air mata

dan masih peduli terhadapnya..

Adalah ketika dia tidak mempedulikanmu dan kamu masih

menunggunya dengan setia..

Adalah ketika dia mulai mencintai orang lain

dan kamu masih bisa tersenyum sembari berkata Aku

turut berbahagia untukmu

Apabila cinta tidak berhasilbebaskan dirimu

Biarkan hatimu kembali melebarkan sayapnya

dan terbang ke alam bebas lagi ..

Ingatlahbahwa kamu mungkmenemukan cinta dan

kehilangannya..

tapi..ketika cinta itu mati..kamu tidak perlu mati

bersamanya

Orang terkuat bukan mereka yang selalu menang..

melainkan mereka yang tetap tegar ketika

mereka jatuh 


Aku Bicara Perihal Cinta

(Kahlil Gibran)


Apabila Cinta Memberi Isyarat Kepadamu, Ikutilah Dia,

Walau Jalannya Sukar Dan Curam.

Dan Pabila Sayapnva Memelukmu Menyerahlah Kepadanya.

Walau Pedang Tersembunyi Di Antara Ujung-Ujung Sayapnya Bisa Melukaimu.


Dan Kalau Dia Bicara Padamu Percayalah Padanya.

Walau Suaranya Bisa Membuyarkan Mimpi-Mimpimu Bagai Angin Utara Mengobrak-Abrik Taman.

Karena Sebagaimana Cinta Memahkotai Engkau, Demikian Pula Dia

Kan Menyalibmu.


Sebagaimana Dia Ada Untuk Pertumbuhanmu,

Demikian Pula Dia Ada Untuk Pemangkasanmu.

Sebagaimana Dia Mendaki Kepuncakmu,

Dan Membelai Mesra Ranting-Rantingmu Nan Paling Lembut Yang Bergetar Dalam Cahaya Matahari.


Demikian Pula Dia Akan Menghunjam Ke Akarmu,

Dan Mengguncang-Guncangnya Di Dalam Cengkeraman Mereka Kepada Kami.

Laksana Ikatan-Ikatan Dia Menghimpun Engkau Pada Dirinya Sendiri.

Dia Menebah Engkau Hingga Engkau Telanjang.

Dia Mengetam Engkau Demi Membebaskan Engkau Dari Kulit Arimu.

Dia Menggosok-Gosokkan Engkau Sampai Putih Bersih.

Dia Merembas Engkau Hingga Kau Menjadi Liar;

Dan Kemudian Dia Mengangkat Engkau Ke Api Sucinya.

Sehingga Engkau Bisa Menjadi Roti Suci Untuk Pesta Kudus Tuhan.

Semua Ini Akan Ditunaikan Padamu Oleh Sang Cinta,

Supaya Bisa Kaupahami Rahasia Hatimu,

Dan Di Dalam Pemahaman Dia Menjadi Sekeping Hati Kehidupan.


Namun Pabila Dalam Ketakutanmu,

Kau Hanya Akan Mencari Kedamaian Dan Kenikmatan Cinta.

Maka Lebih Baiklah Bagimu,

Kalau Kaututupi Ketelanjanganmu,

Dan Menyingkir Dari Lantai-Penebah Cinta.

Memasuki Dunia Tanpa Musim Tempat Kaudapat Tertawa,

Tapi Tak Seluruh Gelak Tawamu,

Dan Menangis,

Tapi Tak Sehabis Semua Airmatamu.

Cinta Tak Memberikan Apa-Apa Kecuali Dirinya Sendiri,

Dan Tiada Mengambil Apa Pun Kecuali Dari Dirinya Sendiri.

Cinta Tiada Memiliki,

Pun Tiada Ingin Dimiliki;

Karena Cinta Telah Cukup Bagi Cinta.

Pabila Kau Mencintai Kau Takkan Berkata,

Tuhan Ada Di Dalam Hatiku,

Tapi Sebaliknya, Aku Berada Di Dalam Hati Tuhan.

Dan Jangan Mengira Kaudapat Mengarahkan Jalannya Cinta,

Sebab Cinta,

Pabila Dia Menilaimu Memang Pantas,

Mengarahkan Jalanmu.


Cinta Tak Menginginkan Yang Lain Kecuali Memenuhi Dirinya.

Namun Pabila Kau Mencintai Dan Terpaksa Memiliki Berbagai Keinginan,

Biarlah Ini Menjadi Aneka Keinginanmu:

Meluluhkan Diri Dan Mengalir Bagaikan Kali,

Yang Menyanyikan Melodinya Bagai Sang Malam.

Mengenali Penderitaan Dari Kelembutan Yang Begitu Jauh.

Merasa Dilukai Akibat Pemahamanmu Sendiri Tenung Cinta;

Dan Meneteskan Darah Dengan Ikhlas Dan Gembira.

Terjaga Di Kala Fajar Dengan Hati Seringan Awan,

Dan Mensyukuri Hari Haru Penuh Cahaya Kasih;

Istirah Di Kala Siang Dan Merenungkan Kegembiraan Cinta Yang Meluap-Luap;

Kembali Ke Rumah Di Kala Senja Dengan Rasa Syukur;

Dan Lalu Tertidur Dengan Doa Bagi Kekasih Di Dalam Hatimu,

Dan Sebuah Gita Puji Pada Bibirmu


Puisi Sayap-Sayap Patah

Kahlil Gibran


Wahai langit

tanyakan pada-nya

mengapa dia menciptakan sekeping hati ini…

begitu rapuh dan mudah terluka…


saat di hadapkan dengan duri-duri cinta

begitu kuat dan kokoh

saat berselimut cinta dan asa…


mengapa dia menciptakan rasa sayang dan rindu

di dalam hati ini…

mengisi kekosonga di dalamnya

menyisahkan kegelisahan akan sosok sang kekasih


menimbulkan segudang tanya

menghinpun berjuta asa

menberikan semangat…


juga meninggalkan kepedihan yang tak terkira

mengapa dia menciptakan kegelisahan dalam relung jiwa


BACA YANG LAINNYA

kegelisahan dalam relung jiwa

meghepit banyangan

menyesakkan dada…

tak berdaya melawan gejolak yang menerpa…

wahai ilalang…

pernah kan kau merasakan rasa yang begitu menyiksa ini…

mengapa kau hanya diam

katakan padaku

sebuah kata yang bisa merendam gejolak hati ini…

sesuatu yang dirasakan raga ini…

sebagai pengobat tuk rasa sakit yang tak terkendali


desirangan angin membuat berisik dirimu

seolah ada sesuatu yang kau ucapkan padaku

aku tak tahu apa maksudmu

hanya menduga… bisikanmu


mengatakan ada seseorang di balik bukit sana..

menunggu dengan setia…

menghargai apa arti cinta…


hati yang terjatuh dan terluka

merobek malam menoreh seribu duka

kukepakkan sayap-sayap patahku

mengikuti hembusan angin yang berlalu


menancapkan rindu…

disudut hati yang beku…

dia retak, hancur bagai serpihan cermin


berserakan …

sebelum hilang di terpa angin…

sambil tertunduk lemah…

ku coba kembali mengais sisa hati

bercampur baur dengan debu


ingin kurengkuh…


ku gapai kepingan di sudut hati…

hanya banyangan yang kudapat..

ia menghilang saat mentari turun dari peraduanya

tak sanggup ku kepakkkan kembali sayap ini

ia telah patah…


tertusuk duri duri yang tajam…

hanya bisa meratap…

meringis…

mencoba mengapai sebuah pengangan…

KLIK DI SINI 


Diambil dari berbagai sumber

Featured Post

HABIB ALI ALHABSYI DENGAN KAROMAHNYA

KHARAMAH HABIB ALHABSYI:  BISA DENGAR SUARA TASBIH DAN BENDA MATI HABIB ALI ALHABSYI DENGAN KAROMAHNYA Habib Ali Alhabsyi nama lengkapnya H...