BERANDA

Senin, 29 Juli 2024

 

 IMAM SYAIFUL AZIZ (IMAMUDDIN SA) 
SASTRAWAN HEBAT KELAHIRAN LAMONGAN



rajasastra-us.blogspot.com Imamuddin SA, nama aslinya Imam Syaiful Aziz, lahir di Lamongan 13 Maret 1986. Aktif  Kostela, PUstaka puJAngga, FSL, FP2L, dan Literacy Institut Lamongan. Karya-karyanya terpublikasi di: Majalah Gelanggang Unisda, Majalah Intervisi, Tabloid Telunjuk, Jurnal Kebudayaan The Sandour, Majalah Indupati, Warta Bromo, dan Radar Bojonegoro. Puisi-puisinya terantologi di: Lanskap Telunjuk, Absurditas Rindu, Memori Biru, Khianat Waktu, Kristal Bercahaya dari Surga, Gemuruh Ruh, Laki-Laki Tak Bernama, Kamasastra, Tabir Hujan, Sehelai Waktu, Kabar Debu, Tabir Hijau Bumi, Bineal Sastra Jawa Timur 2016, Pengembaraan Burung, Ini Hari Sebuah Masjid Tumbuh di Kepala, dan Serenada. Prosa-prosanya terpublikasi di: Mushaf Pengantin, antologi cerpen Bukit Kalam, Hikayat Pagi dan Sebuah Mimpi, Bocah Luar Pagar, Hikayat Daun Jatuh, dan Tadarus Sang Begawan. Pernah dinobatkan sebagai Juara 3 Mengulas Karya Sastra Tingkat Nasional tahun 2010, Harapan 2 Lomba Menulis Cerpen Tingkat Jawa Timur 2018, dan Juara 2 Lomba Menulis Puisi Se-Kabupaten Lamongan 2019. Nomor telepon 085731999259. Instagram: Imamuddinsa. FB: Imamuddin.

Puisi-Puisi Imamuddin SA


PADA MUSIM YANG MENDUNG

musim tanam telah tiba, anakku

ia mengetuk-ngetukkan tangannya di dada ayahmu

tidak keras namun menyesakkan

setiap gerak jarinya merajut kemarau

walau tubuh hujan berkali membikin basah

adakah esok hari kan menghapus mimpiku?

betapa gersang ayahmu membumikan padi

sementara gedung dan rumah semakin rimbun

diguyur ingin

anakku yang meringkuk membidik resahku

beranjak memungut sepi dan memintalnya

lalu membekap dinginku


BACAAN LAINNYA:


TIDURLAH AYAH

JEMPUTLAH MIMPIMU DI DADAKU;


anakku, tubuh adalah tanah basah

yang menyembunyikan suburnya

maka pada musim yang mendung

aku akan membenamkan benih di dadamu

biar esok tumbuh padi di kepalamu

Balun, 2019.


MENUNGGU HUJAN

menunggu hujan memang membosankan

dingin yang baik hati selalu menemaniku

deras suaranya mengingatkan aku pada lelah

lelap yang biasa aku kucilkan di sudut waktu

“darahmu sedang beku di kamar

tulangmu sedang menggigil di dapur”

bisik rindu mengumpat dalam saku celanaku

Lamongan, 2019


SEONGGOK BATU YANG TAK UTUH

secarik kertas lusuh menantangku berduel

esok aku akan bercerita di hadapannya

jadi juara dan menyerah piagam gembira

di hati ibu dan ayah

ah sampai batas waktu

sebuah kisah masih tak menyapaku

dan aku ingin belajar bercerita kepadamu

“menjenguk kakek adalah jalanmu

beribu abjad selalu tersimpan

di sakunya untukmu”

katamu

aku singgahi kakekku dengan segengam mimpi

mimpi yang masih pagi

astaga, aku sapa namanya pada seonggok batu

yang tak utuh. tiap abjadnya bercerita

tentang tubuhnya nan dingin ditelan sepi

dan rindu doa dari darahnya yang masih tersisa

“ADALAH DOA, TEMAN SUNYI PERJALANANKU”

tutur kakekku dan batu

Lamongan, 2019


SEPERTI DEBU

seperti debu

darah berhamburan

di jalanmu;

jalan yang licin

karena diguyur hujan;

hujan air mata

yang mengantar tubuhmu

hening

Lamongan, 2019


KENANGAN, RINDU, DAN SEBUAH PERJAMUAN

apa kabar kenangan

semoga kau sehat dan tak menghapus namaku

dalam buku ceritamu. karena kau adalah kenangan

maka akulah rindu yang mengalir dalam rimbun doadoa

di antara waktu. ingin bertemu. karena itu

aku takkan pernah selesai mengundangmu

dalam perjamuan kecil jantungku.

“SALAM KANGEN! MENGHARAP DENGAN HORMAT

KEHADIRAN KENANGAN

BESOK PADA TAHUN, BULAN, TANGGAL, DAN HARI AHAD

DI RUMAH RINDU

CATATAN: HARAP TIDAK MEMBAWA CEMBURU

DAN BATU-BATU!”

selamat datang kenangan

entah berapa panjang usiamu

menumpuk dalam rak usangku berdebu

entah berapa bait cerita yang kau tulis pada tiktak waktu

berlalu. dengan damai, aku persilahkan dirimu

memintal istirah dalam rumahku

setelah hujan mengguyurmu dalam sepi

semoga kau tak masuk angin.

ini perjamuan, kita akan kembali

mencicipi hidangan kemarin

yang pernah kita bikin berdua.

secangkir kopi hitam

yang kita sedu dengan rintik hujan;

hujan perasaan nan runcing yang luruh dari mata kita

di antara mata-mata terjaga

dan kita saling membuat ombak kecil-kecilan

dalam cangkir kebesaran

waktu itu, mendadak matahari cemburu menitipkan antara

sebelum kita benar-benar tenggelam dalam kopi

yang masih hangat dan wangi

lalu kita sama-sama pergi

memburu matahari dengan mata letih.

“SEKARANG MATAKAKI TELAH MENEMUKAN MATAAIR SENDIRI

SETELAH MENGEJAR MATAHARI

TAK KUNJUNG BERHENTI

LALU KITA PERLAHAN MENGHAPUS HUJAN

DAN HANGAT KOPI

TANPA MEMBELAH CANGKIRNYA YANG SEPI.”

selamat menikmati kenangan

mari kita hangatkan kopi yang sempat dingin ini

dan kita cecap pekatnya sebelum matahari mengusik kembali.

sontak aku terpukul. mendadak kau tumpahkan kopi

yang sejak kemarin aku genggam bersama inginku:

sebuah ingin yang menjadi angan

angan yang menjelma angin.

“BIARLAH SECANGKIR KOPI TUMPAH INI HARI

SEBELUM HANGAT, SEBELUM MENGUAP,

SEBELUM AWAN, SEBELUM HUJAN:

HUJAN AIRMATA YANG AKAN MENGERUHKAN MATA

AIR KITA.”

selamat tinggal rindu

perlahan aku telah menghapusmu

karena itu, kita pun telah menjadi kenangan

beku

dalam airmata waktu: sirri tuturmu.

“MAKA AKU PUN MENJADI TANDA SERU

DALAM BUKU CERITAMU”

Balun, Juli 2019


KLIK DI SINI

Minggu, 28 Juli 2024

WAHYU WIBISANA SASTRAWAN FILOSOFIS

WAHYU WIBISANA  SASTRAWAN FILOSOFIS

KELAHIRAN TASIKMALAYA DALAM KENANGAN

WAHYU WIBISANA SASTRAWAN FILOSOFIS

rajasastra-us.blogspot.com-  Wahyu Wibisana Lahir di Cisayong, Tasikmalaya, 19 Januari 1935, dan meninggal tanggal 13 Oktober 2014 Almarhum pu dikebumikan di Cisayong, Tasikmalaya, di tanah kelahirannya. Beliau dalam masa hidupnya dikenal sebagai  salah satu sastrawan Sunda  Selain menjadi sastrawan  dan tokoh budayawan , Wahyu juga adalah seorang guru  yang telah pensiun. 

Wahyu Wibisana mengalami Pendidikan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, sekarang  jadi jurusan Pendidikan Basa dan  Sastra Daerah, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung

BACA LAINNYA:

Ada yang sangat berkesan dalam tulisan Wahyu Wibisana, dalam tulisannya itu beliau , menegaskan bahwa “sajak merupakan jalan menuju kesusastraan dunia” . dalam tulisan lain  “bahwa sajak itu harus praktis dan romantic” Praktis dalam artian bermakna dalam, romantis dalam artian indah. Hal ini terlihat  jelas dari sajak-sajak yang dibuatnya

Wahyu Wibisana sebagai seorang sastrawan dan Budayawan melahirkan karya, baik berupa tulisan maupun karya seni. Tulisannya berupa karya sastra berupa puisi, cerita pendek, esai, dan buku-buku bahasa Sunda. Dari sisi seni, Wahyu juga telah meghasilkan karya berupa 

  1. Gending karesmen. Karya gending karesmen yang cukup terkenal yaitu Si Kabayan jeung Raja Jimbul. 
  2. Ketika berusia 19 tahun, sajak-sajak karya Wahyu sudah dimuat di majalah Soneta Sunda. Selain itu, sajak-sajaknya juga banyak diaransemen menjadi sebuah lagu atau kawih oleh Mang Koko. Hasilnya bisa didengarkan, seperti 

  •  Samoja
  •  Bungur Jalan ka Cianjur
  • Di Langit Bandung, Bulan keur Mayung

Wahyu Wibisana sangat aktif menulis karya sastra, utamanya beliau sangat berdedikasi dalam pengembangan karya sastra Sunda. Beberapa karyanya: ada

  • Anaking Jimat Awaking yang diterbitkan tahun 2002 oleh PT. Kiblat. 
  • Ada juga karya sastra yang Ia tulis dalam bentuk naskah drama, yang diberi judul Geber-Geber Hihid Aing yang diterbitkan oleh PT. Pustaka Sunda pada tahun 2010. Wahyu 

Wibisana sangat totalitas dalam mengembangkan bahasa Sunda melalui karya sastra dan pendidikan. Hal ini dibuktikan dari penyususan cerita pantun Mundinglaya Dikusumah yang dikhususkan untuk bacaan anak-anak. Hal ini, mungkin karena latar belakang Wahyu adalah seorang pendidik (guru). Buku tersebut diterbitkan PT. Rahmat Cijulang pada tahun 1982.[5] Selain karya sastra, 

Wahyu juga dipercaya untuk menyusun 

  • buku pelajaran bahasa Sunda untuk siswa SD kerja sama dengan Geger Sunten tahun 1995 dan buku
  • Ngamumule Basa Sunda tahun 2011 yang diterbitkan oleh PT. Kiblat.
  • DuaUtusan(1956), WangsitSiliwangi (1964),  
  • Tonggérét Banén (1967), 
  • Tukang Asahan (1978), 
  • Urang Naon di Cinaon (Kumpulan Sajak-1992), 
  • Riring-Riring Ciawaking (1999), dan lain-lain. 

Selain aktif di dunia menulis karya sastra, Wahyu Wibisana juga aktif menggarap Gending karesmen. Garapan Gending karesmen adalah gabungan dari beberapa unsur kesenian. salah satu kesenian tersebut adalah seni sastra. Dalam pementasannya seni sastra berfungsi sebagai media melagukan narasi dari naskah yang berupa cerita dan lakon, atau biasa disebut prosa liris. Karya gending karesemen yang terkenal yaitu :

  • Mundinglaya Saba Langit
  • Galunggung Ngadeg Tumenggung
  • Si Kabayan jeun Raja Jimbul
Klik Raja Sastra di Sini

Penghargaan Yang Di dapat Wahyu Wibisana

  • Tahun  2012, Wahyu Wibisana mendapatkan penghargaan dari  Jawa Barat sebagai penulis buku berbahasa Sunda. Menurut dewan juri penghargaan tersebut layak diberikan kepada Wahyu, karena Ia produktif dalam menulis dan selalu memberikan nilai-nilai budaya Sunda dalam setiap karyanya. Penghargaan tersebut diberikan dalam acara Pesta Buku Bandung tahun 2012 yang digelar di Landmark Convention Hall, Braga. 
  • Tahun 2013, Wahyu medapatkan penghargaan Anugerah Rumawat Padjadjaran dibidang kebudayaan yan diselenggarakan oleh Universitas Padjadjaran, Bandung. Penghargaan tersebut diberikan pada saat memperingati Dies Natalis ke-56, Universitas Padjadjaran.
  • Wahyu juga berdedikasi sebagai inisiator dari terbitnya majalah Mangle. Manglé adalah majalah yang terbit satu bulan sekali, dengan bahasa pengantar menggunakan bahasa Sunda. Didirikan di Bogor tanggal 21 November tahun 1957. Wahyu yang memberi nama untuk majalah tersebut dengan sebutan Mangle, dalam bahasa Sunda berarti ranggeuyan kembang atau untaian bunga.
  • Tahun 2018, buku Kumpulan Carpon Hiji Tanggal nu Dipasinikeun masuk menjadi nominasi penerima Hadiah Sastra Rancage, yang harus bersaing dengan 15 judul buku lainnya. Hadiah Sastra Rancage merupakan salah satu penghargaan sastra yang diberikan pleh Ajip Rosidi kepada sastrawan Sunda, Jawa, Bali, yang berjasa dalam mengembangkan dan merawat sastra daerah.
  • Kumpulan Carita Pondok Hiji Tanggal nu Dipasinikeun merupakan karya yang diterbitkan oleh Pustaka Jaya, pada tahun 2017 yang didedikasikan untuk mengenang Wahyu Wibisana dan karya-karyanya.  Namun sayang, karya yang mendapatkan Hadiah Sastra Rancage yaitu "Miang" karya Nazarudin Azhar yang diterbitkan Langgam Pustaka, Tasikmalaya. 

Kolaborasi dengan Mang Koko

Sajak-sajak karya Wahyu Wibisana sering diaransemen menjadi sebuah lagu atau kawih oleh Mang Koko. ( Mang Koko adalah tokoh besar seniman Jawa Barat, yang telah menghasilkan ribuan kawih Sunda. Wahyu Wibisana pernah bekerja sama dengan Mang Koko dalam menulis lirik lagu. Hasilnya adalah sebagai berikut:

  1. Samoja

Kedal na asih na bulan pinuh mamanis.

Hiji jangji pasini na rasmining wanci

Mangsa samoja jongjon kembangan.

Duh eulis langit lenglang. Angin rintih dina ati … aduh.

Lalakon lawas na bulan pinuh katineung.

Aya jangji pasini nu heunteu ngajadi.

Mangsa samoja geus ngarangrangan…. Duh ieung.

Langit anggeub samagaha dina ati … duuh.

Ayeuna kantun wa’as na jungjunan.

Lalakon katukang diteang ngan ku ciptaan.

Kamari nu pamit … kamari nu pamit.

Datang deui na kalangkang.

Ayeuna kantun ngangres na jungjunan

Lalakon nu lawas (peugat) di sambung ngan ku ciptaan.

Kamari nu leungit …. Kamari nu leungit.

Rek leubeung mo datang deui.


2. Di Langit Bandung, Bulan Keur Mayung

Jangjang peuting geus ngalingkup

Ngarungkupan dayeuh Bandung

Anu hibat sinar lampu

Panto ati geus narutup

Mipindingan kawih asih

Anu halon tur halimpu

Geus paanggang geuning urang pajauh

Rek ka saha diri, nyungkem nyaluuh

Nu diungsi geuning nu diteangan

Duh ieung, teu tembong-tembong

Geuning taya ngiberan

Di lalangit-langit Bandung

Ngempur hurung bulan keur mayung

Di lelemah-lemah bandung

Kapidangdung-kapidangdung

Diri dirungrung

Di lalangit-langit Bandung

Ngempur hurung bulan keur manggung

Dilelemah-lemah Bandung

Kapidangdung-kapidangdung

Diri ditundung

Sunting-sunting dari berbagai sumber

MERAIH MASA DEPAN DENGAN MENITIK BERATKAN SEKTOR PERTANIAN DI PEDESAAN

MERAIH MASA DEPAN  DENGAN MENITIK BERATKAN  
SEKTOR PERTANIAN DI PEDESAAN

Sektor pertanian masih di pandang sebelah mata oleh negara. Padahal jika dikelola secara seimbang, selaras dan mencapai titik optimal akan dapat mensejahtrakan masyarakat. Kita tidak menutup mata bahwa para petani di negara kita mereka rata-rata hidup di bawah penghasilan minimal.Padahal negara kita negara agraris yang kebanyakan  rakyatnya hidup dari Bertani.
MERAIH MASA DEPAN  DENGAN MENITIK BERATKAN   SEKTOR PERTANIAN DI PEDESAAN

rajasastra-us.blogspot.com- Sektor pertanian masih di pandang sebelah mata oleh negara. Padahal jika dikelola secara seimbang, selaras dan mencapai titik optimal akan dapat mensejahtrakan masyarakat. Kita tidak menutup mata bahwa para petani di negara kita mereka rata-rata hidup di bawah penghasilan minimal.Padahal negara kita negara agraris yang kebanyakan  rakyatnya hidup dari Bertani. Dan tidak dipungkiri bahwa sector pertanian sudah banyak di tinggalkan, apa lagi dengan dikuranginya dan banyak yang dicabut subsite pupuk, yang menyebabkan harga pupuk begitu tinggi tidak terjangkau dengan biaya produksi. Para tanaga  penyuluh pertanian yang berkurang, sehingga banyak masyarakat mengelola pertanian hanya dari pengetahuan yang mereka dapat, malah banyak yang asal-asalan, yang tentu saja berdampak besar dengan hasil yang di dapat.

Seharusnya negara secara sadar bahwa hasil pertanian harus memberikan kontribusi dan dapat dijadikan tatanan untuk masyarakat pra-sejahtera yang sebagian besar menyelimuti keluarga petani di Pedesaan.

BACAAN LAINNYA:

Pertanian, Desa dan Masa Depan Kita.

Sektor-sektor penting dan strategis dalam suatu Negara harus dikelola dengan seimbang, selaras dan mencapai titik optimal, agar Negara itu dapat dikatakan sebagai Negara baik. Negara yang mampu berdiri dikaki sendiri. Karena sektor-sektor penting dan strategis yang dimiliki suatu Negara secara sadar atau tberita_idak sadar memberikan kontribusi dan dapat dijadikan tatanan untuk meminimalberita_isir masyarakat pra-sejahtera yang sebagian besar menyelimuti keluarga petani di Pedesaan.

Pembangunan di Pedesaan harus mengarah lebih besar ke  sektor pertanian dan pembangunan daerah pedesaan dengan baik. Sektor pertanian dan pembangunan daerah pedesaan secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan perekonomian nasional, asal sector pertanian jangan  dipandang sebelah mata dan dijadikan sebagai unsur penunjang.

Melihat kondisi saat ini, sebagian besar masyarakat belum menyadari akan pentingnya pembangunan daerah pedesaan dan sektor pertanian yang jauh lebih penting dari sekedar unsur penunjang. Daerah pedesaan dan sektor pertanian dapat memberikan kontribusi bagi sektor lain, terutama sektor industri yang sudah mendarah daging dan dinobatkan sebagai sektor unggulan dalam pembangunan ekonomi secara keseluruhan. 

Perlu diingat pula, tanpa pembangunan pedesaan yang integratif, petumbuhan industri tidak akan berjalan sehalus sutera, justru akan menciptakan ketimpangan internal yang parah dalam perekonomian yang bersangkutan, memperparah masalah kemiskinan, pendapatan, serta pengangguran.

Tentunya pemanfaatan sektor pertanian pun harus dilakukan seefisien mungkin, sehingga nantinya sektor pertanian menghasilkan output yang berkualitas baik untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri. Dalam pembangunan, sektor pertanian sangat berpengaruh terhadap kondisi di daerah pedesaan dalam hal pendapatan rill yang dapat menopang pembangunan di daerah pedesaan. Contoh kecilnya seperti perbaikan akses jalan raya dan infrastruktur lainnya, karena rata-rata wilayah pedesaan kesulitan mengenai akses transportasi, informasi, serta infrastruktur lainnya. Sehingga dengan adanya rekontruksi tersebut dapat mendorong untuk kemajuan desa.

Apabila transformasi pertanian dan lingkungan pedesaan dapat terlaksana dengan baik, maka perekonomian nasional akan meningkat. Namun, sangat miris sekali apabila tranformasi pertanian dan lingkungan pedesaan tidak terlaksana, karena lebih dari dua per tiga penduduk termiskin di dunia menetap di wilayah yang sumber_keidupan pokonya berasal dari pola pertanian subsisten, dan tak bisa tebayangkan masa depan kita nantinya dibombardir teori sistem  barat, bahwa membangun perekonomian dengan cara mengubah pertanian agraris menjadi pertanian industri.


Pertanian Agraris Menjadi Pertanian Industri

Tanpa kita sadari, diubahnya perekonomian agraris menjadi perekonomian industri berdampak pada meningkatnya angka pengangguran, minimnya lapangan kerja, terbengkalainya lahan garapan, menurunnya tingkat produktivitas pertanian yang merupakan sektor penting dalam pembangunan perekonomian khususnya pada keluarga tani pra sejahtera, krisis petani usia produktif kerja yang disebakan oleh daya tarik terhadap sektor pertanian berkurang “gengsi” serta jeratan kapitalisme secara langsung (buruh pabrik) yang di iming-iming dengan penghasilan lebih besar dibanding bertumpu pada sektor pertanian. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya-upaya yang signifikan dalam meminimalberita_isir terjadinya dampak yang buruk terhadap sektor pertanian dan pembangunan pedesaan, salah satunya dengan cara menemukan varietas baru yang unggul serta penerapan teknologi yang sesuai dengan perkembangan zaman, agar permasalahan sistem agraria yang beragam dapat diminimalisir serta tercapainya pembangunan pedesaan.

KLIK DI SINI

Sumber bacaan: 

Dari artikel yang terkait masalah pertanian

Sabtu, 27 Juli 2024

Dari Sebuah Perjalanan Panjang

 DARI SEBUAH PERJALANAN PANJANG

(Undang Sumargana)

Dari Sebuah Perjalanan Panjang


KLIK rajasastra-us.blospot.com

Dari sebuah perjalanan panjang

yang membentang  diantara langit dan bumi.

ada  jejak harapan yang  mesti di raih

dalam kidung-kidung dan kisah dan cerita cinta

pada seluruh kisah  hidup yang telah dijalani 

tuhan telah menitahkanmu pada jalan ini

sebuah jalan keberadadaban

dalam keinginan meraih  kebahagiaan

dalam duka nestapa dari perjalanan waktu 

bersama binar matanya yang menusuk  sudut hati 

ketika panggung kehidupan  telah menjadi saksi perjalanan

suara dari gending dan lantunan  tembang

diantara gemerincing kaki penari

Klik Raja Sastra di sini


Dari sebuah perjalanan panjang

layar telah ditutup panggung mulai sepi

lagu terakhir  diiringi tangis dan umpatan

meninggalkan  gemetar jantung di bawah jemari                                               

yang melambai dengan gemulai.

Sampai batas waktu yang tak  sanggup lagi 

merawat denyut kemarau di dada 

kami masih menyimpan keinginan

yang berhenti diakhir kehidupan 

Riwayat kematian datang serupa cuaca yang sulit diduga

Air mata keluarga dan para pelayat hanya pengiring sesaat 

Selembar tiket prilaku  dari buah keimanan 

Yang jadi penentu meraih kebahagiaan

Bacaan lainnya:

Klik Raja Sastra di sini

Tasik Selatan, 18 Juni 2023


SURAT DARI OSAMA BIN LADEN UNTUK AMERIKA MEMBAHAS DUKUNGAN AMERIKA UNTUK ISRAEL

 SURAT DARI OSAMA BIN LADEN UNTUK AMERIKA
MEMBAHAS DUKUNGAN AMERIKA UNTUK ISRAEL
Saat saat inimedia Barat dihebohkan dengan Salinan "Surat untuk Amerika" tulisan Osama bin Laden. Salinan "Surat untuk Amerika" tulisan Osama bin Laden yang diterjemahkan dan diterbitkan ulang oleh media Inggris, The Guardian, pada 2002 lalu viral di media sosial.

SURAT DARIOSAMA BIN LADEN UNTUK AMERIKA MEMBAHAS DUKUNGAN AMERIKA UNTUK ISRAEL

rajasastra-us.blogspot.com Saat saat inimedia Barat dihebohkan dengan Salinan "Surat untuk Amerika" tulisan Osama bin Laden. Salinan "Surat untuk Amerika" tulisan Osama bin Laden yang diterjemahkan dan diterbitkan ulang oleh media Inggris, The Guardian, pada 2002 lalu viral di media sosial. Sejak Selasa (14/11), surat ini jadi pembahasan hangat di TikTok, terutama di kalangan pengguna Amerika Serikat. Dilansir AFP, surat yang viral itu kini memicu perdebatan sengit tentang dukungan AS terhadap Israel dalam penjajahan di Palestina saat ini. Dalam surat yang ditulis Osama bin Laden setelah insiden 11 September 2001 itu, ia menjelaskan salah satu alasannya melawan AS adalah karena dukungan AS kepada Israel.

Setelah viral, The Guardian lalu menghapus artikel yang sudah berusia 21 tahun itu. Mereka menggantinya dengan pernyataan redaksi yang menyebut bahwa dokumen tersebut sudah dibagikan "tanpa konteks penuh".

"Halaman ini sebelumnya menampilkan dokumen yang berisi, dalam terjemahan, teks lengkap 'Surat untuk Amerika' dari Osama bin Laden yang dilaporkan di Observer pada Minggu, 24 November 2002," tulis pernyataan The Guardian tersebut dikutip pada Jumat (17/11).

"Transkrip yang diterbitkan di situs kami telah dibagikan secara luas di media sosial tanpa konteks penuh. Oleh karena itu kami memutuskan untuk menghapusnya dan mengarahkan pembaca ke artikel berita yang memberikan konteksnya," lanjut pernyataan itu.


Rangkuman Isi Surat Osama bin Laden

Osama bin Laden Foto: Reuters© Disediakan oleh Kumparan

Dalam surat sepanjang dua halaman yang kini beredar di media sosial itu, Osama bin Laden menjelaskan alasannya "menyerang" Amerika Serikat. Surat itu diawali dengan dua kutipan ayat Alquran tentang memerangi keburukan, Surat Al Hajj ayat 39 dan Surat An-Nisa ayat 76.

"Sambil mencari pertolongan Allah, kami menjawab dua pertanyaan dasar yang diajukan orang-orang AS. Pertama, mengapa kami melawan dan menentang anda? Kedua, apa yang kami inginkan dari anda?" tulis Osama bin Laden.

"Untuk pertanyaan pertama: mengapa kami melawan dan menentang anda? Jawabannya sederhana. Pertama, karena anda menyerang kami dan terus menyerang kami," lanjutnya.

Osama bin Laden lalu menyinggung soal serangan dan bantuan AS kepada Israel untuk menyerang Palestina. Lebih dari 50 tahun (saat surat itu ditulis), Israel telah berusaha menjajah, membunuh, dan menghancurkan Palestina. Dan Amerika mendukung itu.

"Kami tertawa dan menangis melihat anda tak lelah mengulang kebohongan-kebohongan soal orang-orang Israel punya hak historis atas Palestina seperti yang dijanjikan dalam Kitab Suci Taurat. Siapa pun yang menentang ini akan dituduh sebagai anti-semit," tulisnya.

Padahal, kata Osama bin Laden, orang-orang Palestina terdiri dari bangsa Arab murni dan bangsa Semit atau Yahudi yang asli. Umat Muslim percaya pada semua Nabi (dalam agama Samawi), termasuk Ibrahim, Musa, Isa, dan Muhammad.

Ia lalu menyinggung peran AS dalam serangan dan konflik di beberapa negara lainnya seperti di Somalia hingga Irak. AS juga mencuri kekayaan dan minyak dari Timur Tengah; serta memaksa banyak negara menerima pangkalan militer AS.

"Kalian mendukung Israel dengan gagasan mereka menjadikan Yerusalem sebagai ibu kota mereka, kalian juga setuju memindahkan Kedutaan AS ke Yerusalem. Dengan bantuan dan perlindungan AS, Israel berusaha menghancurkan Masjid Al-Aqsa. Di bawah perlindungan militer AS, Sharon (Ariel Sharon, PM Israel saat itu) masuk ke Masjidil Aqsa," ungkap Osama bin Laden.

Ia mengungkapkan, pemerintah AS telah menyalahgunakan uang pajak yang dibayarkan rakyatnya untuk membiayai jet-jet tempur untuk meledakkan Afghanistan, dan tank-tank yang digunakan untuk menghancurkan rumah-rumah di Palestina. Osama bin Laden lalu mengajukan pertanyaan, mengapa AS mencoba menghancurkannya?

Osama lalu melanjutkan pada pertanyaan kedua, soal apa yang mereka inginkan dari Amerika Serikat. Selain meminta AS menerima Islam, Osama bin Laden juga agar AS berhenti menyebarkan tekanan, kebohongan, maksiat, dan pesta pora di antara mereka.

"Sungguh menyedihkan untuk memberitahu anda bahwa anda adalah peradaban terburuk yang pernah disaksikan dalam sejarah umat manusia," ungkapnya.

Ia melanjutkan tulisannya dengan memaparkan apa-apa saja yang ia nilai sebagai perbuatan tak bermoral yang marak terjadi di AS. Termasuk bagaimana AS "mengeksploitasi" perempuan untuk menjual produk-produk mereka, padahal AS adalah negara yang mengklaim dirinya sebagai pendukung kebebasan perempuan.

"Anda menghancurkan alam dengan limbah industri dan gas yang lebih banyak daripada negara mana pun dalam sejarah. Sudah begitu, anda menolak menandatangani perjanjian Kyoto agar bisa terus mengamankan perusahaan dan industri anda yang begitu rakus," tulis Osama bin Laden.

Terakhir, ia meminta AS untuk hengkang dan membiarkan mereka hidup damai. Ia lalu mengakhiri tulisannya dengan mengutip sejumlah ayat dalam Alquran dan menjelaskan bawah pihaknya akan tetap berjuang melawan dan menghancurkan "kerajaan kejahatan" seperti AS.

BACAA YANG LAIN

Viral dan Bakal Diblokir TikTok

"Surat untuk Amerika" ini telah menjadi tren di TikTok. Salah satu influencer TikTok bahkan mendapatkan 12 juta suka di videonya hanya dalam waktu kurang dari satu hari sejak videonya tentang surat tersebut diunggah.

"Saya ingin semua orang menghentikan apa yang sedang mereka lakukan dan baca surat ini. Lalu kembalilah ke sini dan beri tahu aku apa pendapatmu," tulis influencer itu.

Surat itu, kata dia, telah membuatnya mengalami krisis eksistensi yang begitu hebat. Karena itu, ia ingin orang lain juga membacanya dan membagikan perasaan mereka kepada dirinya.

Surat tersebut juga mendapat banyak komentar positif dari pengguna media sosial dan masuk dalam trending TikTok. Termasuk di dalamnya untuk pencarian dengan kata kunci "ringkasan surat Osama untuk Amerika", "teks lengkap surat untuk Amerika", dan "penjelasan soal surat untuk Amerika".

Setelah viral, TikTok memutuskan untuk memblokir konten-konten yang memuat soal surat ini. Dalam pernyataannya, juru bicara TikTok menyebut konten tersebut melanggar aturan mereka soal menolak dukungan pada segala bentuk terorisme.

"Kami secara proaktif dan agresif menghapus konten-konten ini dan akan mulai menyelidiki bagaimana konten tersebut bisa masuk ke platform kami," tulisnya.

Meski mulai dihapus dari TikTok, namun banyak warganet yang mengunggah ulang dan membuat video serupa lalu menyebarkannya di berbagai platform media sosial. Salah satunya di Twitter.

Osama bin Laden setelah hampir satu dekade menjadi orang yang paling dicari di dunia, pada Mei 2011 diklaim telah dibunuh oleh pasukan khusus AS di kompleks tempat tinggalnya di Kota Abbottabad, Pakistan.

KLIK DI SINI

Sumber U KUMPARAN

BERBURU REZEKI DENGAN BANGUN PAGI

 BERBURU REZEKI DENGAN BANGUN PAGI

Bangun pagi menyehatkan. Memilih bangun pagi daripada bangun siang, berarti kita menjadi pemenang daripada pecundang. Menjadi pemenang berarti menyiakan diri menyambut shalat malam, shalat fajar, dan shalat subuh yang luar biasa nilainya. Ibarat seorang pdeagang, seorang pemenang siap mengambil peluang jitu dalam meraih keuntungan.
BERBURU REZEKI DENGAN BANGUN PAGI

rajasastra-us.blogspot.com - Bangun pagi menyehatkan. Memilih bangun pagi daripada bangun siang, berarti kita menjadi pemenang daripada pecundang. Menjadi pemenang berarti menyiakan diri menyambut shalat malam, shalat fajar, dan shalat subuh yang luar biasa nilainya. Ibarat seorang pdeagang, seorang pemenang siap mengambil peluang jitu dalam meraih keuntungan.

shalat malam, shalat fajar, dan shalat subuh berjamaah merupakan peluang jitu untuk memutar modal waktu yang telah diamanahkan oleh Allah. Maka membiasakan diri menjemputnya dengan shalat malam, shalat fajar, dan shalat subuh akan menjadikan usia kita lebih berarti.

PINTU REZEKI LEBIH TERBUKA LEBAR

Menjemput rezeki di waktu Pagi lebih terberkahi . Keberkahan waktu diantaranya banyak diburu oleh  para pedagang untuk meraup keuntungan dengan maksimal. Jangan heran bila kita pergi ke pasar sepagi apapun tetap sudah ada pedagang di sana. Mereka datang ke pasar memburu keberkahan waktu untuk meraih keuntungan duniawi.

Bigitu pula bagi para pekerja keberkahan waktu itu bis akita rasakan, Dengan senantiasa bangun di pagi hari dan menjaga waktu paginya, mereka bisa lebih mempersiapkan diri, bisa datang ke tempat kerja tepat waktu untuk segera mempersiapkan kerjanya atau merampungkan tugas yang tertunda. Kalau Ibu/Bapak Guru datang di tempat mengajar sebelum siswa pada datang.

Kedisiplinan dalam bangun pagi akan mempengaruhi pada jenjangkarir bila ada. Pintu rezeki lebih terbuka dan barokah bagi yang bisa membidik keberkahan pagi hari. Insya Allah.

PRODUKTIF DALAM AKTIVITAS.

Menjemput rezeki di waktu Pagi lebih terberkahi . Setiap hari kita pasti memiliki sejumlah agenda atau segudang aktivitas yang hendak kita lakukan. Dengan memiliki kebiasaan bangun pagi kita bisa menyempurnakan agenda harian yang telah kita rencanakan waktumalam, kita bisa memilih agenda mana yang menjadi prioritas. “Ggal merencanakan, sama artinya dengan merencanakan kegagalan.

Bangun pagi menyehatkan dan akan sangat produktif bila dibiasakan. Tengoklah manusia-manusia atau bacalah manusia-manusia yang banyak memulai aktivitasnya pagi hari, mereka adalah manusia-manusia yang berhasil baik dalam kehidupan duniawi maupun ukhrowi. 

  • James Citrin seorang pakar keuangan dalam artikelnya yang berjudul “Tapping the Power of Your MorningRoutine” menuturkan bahwa 80 % pejabat perusahaan yang diwawancarainya bangun pukul 05.30 atau lebih pagi. 

  • Para ulamapun demikian Apalagi Jungjungan kita Muhammad  Rosullalalah SAW, tidak diragukan lagi  Beliau pelaku bangun pagi, Beliau mengawalinya dengan shalat malam yang diwajibkankhusus untuk beliau. Dan kita tidak meragukan bahwa satu-satunya tokoh yang sukses baik di dunia maupun di akhirat dan taka da tandingannya hingga akhir jaman nanti.

Tentang kehebatan beliau yang merupakan cuplikan pernyataan cendekiawan dari berbagai belahan dunia tentang diri  beliau.

  • Mahatma Gandhi dari India

“saya takjub , manusia seperti apakah yang  hingga hari ini menawan hati jutaan manusia…Ketika menamatkan biografi Sang Nabi, saya sedih karena tak lagi yang say abaca tentang kehidupan nan agung.

Alphonse de Lamartine Sastrawan dan cendekiawan Prancis abad 19

Dia mengatakan tentang diri Nabi, Fisof, orator, Nabi, pembuat hukum, pejuang, penaluk pikiran, pemulih dogma-dogma peribadahan, tanpa patung dan gambar; pendiri 20 kerajaan spiritual; 

keagungan seseorang, kita bisa bertanya adakah yang lebih agung dari dia?

Pola hidup Rosullullah  sedemikian indah dan beliaulah sebaik-baiknya contoh yang tel;ah mendapat lisensi dari langit. Sala satu pola kebiasaan beliau adalah terbangun di waktu pagi untuk menunaikan shalat malam dan shalat subuh berjamaah.

Produktivitas dalam aktivitas di waktu pagi insya Allah. Saya sendiri mulai merasakan, ide-ide cemerlang banyak di dapatkan di waktu pagi, baik saat terbangun shalat malam, shalat subuh maupun sesudahnya. Diwaktu berdzikir selepas sholat subuh ataupun dalam perjalanan pulang dari masjid menuju rumah, ide kerap berdatangan.

Setidaknya batin yang gundah gulana merasa tenang, sesulit apapun masalah hidup Allah membimbing kita untuk tenang dan memberi jalan keluar dari terpaan kesulitan. Sekeras apapaun usaha kita untuk mengatasi berbagai hal tanpa pertolongan Allah tidak akan dapat solusi yang baik

  • Abdul Fatah menuturkan ;Waktu saur mewrupakan waktu terbaik  merupakan waktu terbaik bagi orang untuk yang ingin  menulis syair, mengarang buku, menulis tentang sesuatu, mempelajari kesulitan dan memecahkannya.

Adapun bagiorang-orang yang ingin menghafalkan, mengulang pelajaran, dan sebagainya, maka waktu malam hari adalah waktu yang paling tepat untuk itu.

Allah Berfirman: Inna Nasyiatal Laili Hiya asyaddu wath’aw waAqwamu Qila (13)

Wallahu alam

Bacaan lainnya:

Bangun Pagi Menyehatkan

Wktu pagi adalah kesempatan untuk menikmati udara segar sebelum tersentuh polusi. Momentum ini sangat tepat untuk menghirup sebanyak mungkin oksigen murni ke paru-paru. Pada saat itu juga sinar matahari mengandung Vitamin D, , sehingga tubuh kita sehat dan segar dengan keluarnya keringat. 

Bangun Pagi memamang menyehatkan. Bila saat itu kita sudah dalam kondisi terbangun dan beraktivitas, kita akan menemukan terapi Kesehatan yang mengagumkan.

Sampai di sini dulu pembahasan kali ini semoga bermanfaat. KLIK DI SINI


Sumber Bacaan “Dahsyatnya Bangun Pagi : Fadlan al- Ikhwani

Jumat, 26 Juli 2024

MENGENAL JAMALUDIN AL-AFGHANI DAN MUHAMMAD ADDUH SEBAGAI PEMBAHARU ISLAM

MENGENAL JAMALUDIN AL-AFGHANI
DAN MUHAMMAD ADDUH SEBAGAI PEMBAHARU ISLAM

JAMALUDIN AL-AFGHANI

Ketika berusia 20 tahun ia telah menjadi pembantu Pangeran Dost Muhammad Khan di Afghanistan. Di tahun 1864 ia menjadi penasihat Sher Ali Khan. Beberapa tahun kemudian diangkat oleh Muhammad Azam Khan menjadi Perdana Menteri Afghanistan. Pada masa itu Inggris telah mencampuri hal-hal politik dalam negeri Afghanistan dan dalam pergolakan yang terjadi ia memilih pihak yang melawan golongan Inggris. Pihak pertama kalah dan al-Afghani merasa lebih aman meninggalkan tanah tempat kelahirannya dan pergi ke India di tahun 1869.
MUHAMMAD ADDUH

MENGENAL JAMALUDIN AL-AFGHANI DAN MUHAMMAD ADDUH SEBAGAI PEMBAHARU ISLAM

Biografi Singkat Jamaluddin Al-Afghani 

Masa Muda dan Aktifitas Politik

rajasastra-us.blogspot.com Ketika berusia 20 tahun ia telah menjadi pembantu Pangeran Dost Muhammad Khan di Afghanistan. Di tahun 1864 ia menjadi penasihat Sher Ali Khan. Beberapa tahun kemudian diangkat oleh Muhammad Azam Khan menjadi Perdana Menteri Afghanistan. Pada masa itu Inggris telah mencampuri hal-hal politik dalam negeri Afghanistan dan dalam pergolakan yang terjadi ia memilih pihak yang melawan golongan Inggris. Pihak pertama kalah dan al-Afghani merasa lebih aman meninggalkan tanah tempat kelahirannya dan pergi ke India di tahun 1869. 

Al-Afghani juga aktif berpolitik. Ketika berada di Mesir ia secara terbuka menentang pemerintah Mesir dan pengaruh serta campur tangan Inggris di negeri itu. Pandangannya ini menjadi preseden bagi aktivitas politik Islam di masa mendatang, meskipun hal tersebut menyebabkan ia terusir dari Mesir pada tahun 1879. 

Al-Afghani seorang refornis dan modernis, dikenal pula sebagai seorang yang pernah aktif dalam dunia politik. Hal ini dibuktikan pada tahun 1876 ia bergabung dengan para politikus di Mesir pada tahun 1879 membentuk suatu partai politik dengan nama Hizb al-Wathani (partai Kebangsaan). Dengan partai ini ia berusaha menanamkan kesadaran nasionalisme dalam diri orang-orang mesir. Al- Afgani juga diakui sebagai seorang filosof, jurnalis dan sufi, namun yang lebih banyak dipublikasikan adalah sebagai seorang politikus. 

Ia merupakan seorang pemikir Islam, aktivis politik, dan jurnalis terkenal. Ia pandai, berwibawa, memiliki karisma yang besar, dan berkeyakinan teguh akan masa depan peradaban Islam yang cemerlang. Di tengah keterbelakangan kaum muslim dan gejolak kolonialisme bangsa Eropa di negeri-negeri Islam, al-Afghani menjadi seorang tokoh yang amat mempengaruhi perkembangan pemikiran dan aksi-aksi sosial pada abad ke-19 dan ke-20.

Perjuangan Jamaluddin juga sampai ke Persia, penguasa Persia Shah Nasiruddin Qachar menawarkan posisi perdana menteri. Iapun menerima tawaran tersebut dan karena ide pembaruan Islamnya ia semakin populer di Persia. Jamaluddin secara terang-terangan mengkritik praktek kekuasaan penguasa di negara tersebut dan hal ini dikhawatirkan Nasiruddin atasnya. Akhirnya iapun ditangkap dan diusir dari Persia.Setelah itu ia akhirnya sampai pula ke Istambul, Turki. Dan inilah tempat akhir hayatnya, yaitu wafat di Istambul pada tanggal 9 Maret 1897 dalam usia 59 tahun. 

Pokok Pokok Pemikiran Jamaludin Al-Afghani

Pokok-pokok pemikiran Jamaludin al-Afghani, yaitu:

1. Penyebab kemunduran Islam disebabkan beberapa hal:

  • akhlak yang buruk dan acuh terhadap ilmu pengetahuan
  • kelemahan umat Islam dalam segala sektor,
  • kurangnya usaha dalam mencerdaskan umat, baik untuk menekuni dasar-dasar ilmu agama maupun upaya transformasi ilmu pengetahuan.
  • Penyebab yang lain adalah adanya intepretasi tentang makna qadha dan qadar yang salah sehingga memalingkan dari usaha dan kerja keras.
  • Ini membuat kekeliruan dalam memahami hadis Nabi Muhammad SAW bahwa umat Islam akan mengamalami kemunduran pada akhir zaman.
  • Kesalahan ini menyebabkan umat Islam tidak mau berusaha untuk memperbaiki nasib dan lemahnya ukhuwah Islam

2. Menggagas ide pan-Islamisme, yaitu paham yang bertujuan mempersatukan seluruh umat      Islam di dunia. Hal yang melatarbelakangi pemikiran tersebut adalah dominasi kolonial         Barat di dunia Islam pada masa itu.

3. Antara laki-laki dan perempuan memiliki kedudukan yang sama. Keduanya memiliki            akal  untuk berpikir. Ide pembaruannya tentang kesetaraan gender ini pun berdampak            pada emansipasi wanita.

4. Berusaha mengubah sistem pemerintahan autokrasi menjadi demokrasi.

Berbicara tentang gerakan pemikiran Islam, ada beberapa tokoh yang tak bisa dikesampingkan begitu saja.

BACAAN LAINNYA:

Muhammad Abduh

 (bahasa Arab: محمد عبده; lahir di Delta Nil (kini wilayah Mesir), 1849 – meninggal di Iskandariyah (kini wilayah Mesir), 11 Juli 1905 pada umur 55/56 tahun) adalah seorang pemikir muslim dari Mesir, dan salah satu penggagas gerakan modernisme Islam.

Ia belajar tentang filsafat dan logika di Universitas Al-Azhar, Kairo, dan juga murid dari Jamaluddin al-Afghani, seorang filsuf dan pembaru yang mengusung gerakan Pan Islamisme untuk menentang penjajahan Eropa di negara-negara Asia dan Afrika.

Muhammad Abduh diasingkan dari Mesir selama enam tahun sejak 1882, karena keterlibatannya dalam Pemberontakan Urabi. Di Lebanon, Abduh sempat giat dalam mengembangkan sistem pendidikan Islam. Pada tahun 1884, ia pindah ke Paris, dan bersalam al-Afghani menerbitkan jurnal Islam The Firmest Bond.

Salah satu karya Abduh yang terkenal adalah buku berjudul Risalah at-Tawhid yang diterbitkan pada tahun 1897.

Pemikirannya banyak terinspirasi dari Ibnu Taimiyah, dan pemikirannya banyak menginspirasi organisasi Islam, salah satunya Muhammadiyah, karena ia berpendapat, Islam akan maju bila umatnya mau belajar, tidak hanya ilmu agama, tetapi juga ilmu sains.

Lalu Muhammad Abduh, menurut beberapa sumber, dia masih keturunan Umar bin Khatab dari garis ibunya.

Abduh belajar agama kepada Syekh Ahmad pada tahun 1862.

Dia lalu melanjutkan ke Universitas Al-Azhar Kairo pada tahun 1866 dan mengajar di Al-Azhar setelahnya.

Pemikiran Muhammad Abduh Tentang Pembaharuan

Teologi

Teologi (ilmu tauhid) dalam pendapat Muhammad Abduh mempunyai dua objek kajian, yaitu tentang Allah dan tentang Rasul. Kajian tentang Allah tidak hanya membicarakan wujud Allah, tetapi juga tentang manusia sebagai ciptaan Tuhan. Dari itulah dalam sistem teologinya ditemukan pengkajian tentang perbuatan manusia (af’al al-‘ibad) di samping masalah-masalah ketuhanan lainnya. Kajian berikut ini akan difokuskan pada pemikirannya tentang tiga masalah teologi, yaitu perbuatan manusia, kadar-kadar, dan sifat-sifat Tuhan

Perbuatan manusia (Af’al al-‘Ibad)

Pandangan Muhammad Abduh tentang perbuatan manusia bertolak dari satu deduksi bahwa manusia adalah makhluk yang bebas dalam memilih perbuatannya. Menurutnya ada tiga unsur yang mendukung suatu perbuatan, yaitu akal, kemauan, dan daya. Ketiganya merupakan ciptaan Tuhan bagi manusia yang dapat dipergunakannya dengan bebas. Kelihatannya Muhammad Abduh sependapat dengan Mu’ammar tokoh Muktazilah, tentang kejadian manusia dan makhluk yang dibekali dengan natur dan tabiatnya masing-masing. Jika Mu’ammar memandang natur tersebut pada manusia adalah kebebasan memilih, Muhammad Abduh menambahnya dengan akal. Jadi, akal dan kebebasan memilih adalah natur manusia yang merupakan dua keistimewaan yang dimiliki manusia yang tidak terdapat pada makhluk lainnya. Jika salah satu di antara keduanya hilang, kata Muhammad Abduh, dia tidak lagi bernama manusia, tetapi mungkin malaikat dan mungkin pula binatang.

Pendapat yang demikian tampaknya dikemukakannya untuk menopang pendapatnya, bahwa manusia adalah makhluk yang bebas dalam memilih perbuatannya. Akan tetapi, kebebasan yang dimaksudkan Muhammad Abduh bukanlah kebebasan tenpa batas atau kebebasan yang bersifat absolut. Jika Abu al-Huzail membatasi kebebasan manusia dengan perbuatan-perbuatan yang tidak diketahui manusia cara melakukannya. Muhammad Abduh membatasinya dengan memberikan contoh yang menggambarkan dua hal, yaitu lalai (taqshir) dan karena sebab-sebab alami (al-asbab al-kauniyyat) yaitu peristiwa alam yang tidak terduga. Kelihatannya kedua hal itu terjadi karena ketidakmampuan manusia meramalkan semua yang akan terjadi. Ketidakmampuan itulah yang membatasi kebebasan manusia dalam memeilih perbuatannya. Dari itulah dia menggariskan dua ketentuan yang merupakan sendi perbuatan manusia:

Manusia melakukan perbuatan dengan daya dan kemampuannya.

Kekuasaan Allah adalah tempat Kembali semua yang terjadi.


Perbedaan Antara Jamaluddin Al-Afghani dan Muhammad Abduh.

Dua di antaranya adalah Jamaluddin Al-Afghani dan Muhammad Abduh.

Lalu apa persamaan dan perbedaan pemikiran Jamaluddin Al-Afghani dan Muhammad Abduh?

  • Jamaluddin al-Afghani adalah pemimpin pembaharuan Islam yang tempat tinggal dan aktivitasnya berpindah-pindah dari satu negara ke negara yang lain.
  • Sementara perbedaan pemikiran Jamaluddin al-Afghani dan Muhammad Abduh adalah soal pemerintahan.
  • Jamaluddin al-Afghani berusaha untuk mengubah sistem pemerintahan autokrasi menjadi demokrasi. KLIK DI SINI

Featured Post

HABIB ALI ALHABSYI DENGAN KAROMAHNYA

KHARAMAH HABIB ALHABSYI:  BISA DENGAR SUARA TASBIH DAN BENDA MATI HABIB ALI ALHABSYI DENGAN KAROMAHNYA Habib Ali Alhabsyi nama lengkapnya H...